alexametrics

BPS Sebut 27 Juta Warga Ikuti Sensus Penduduk 2020 secara Online

loading...
A+ A-
JAKARTA - Badan Pusat Statistik (BPS) menyebut, hingga Jumat, 27 Maret 2020 jumlah penduduk yang berpartisipasi dalam Sensus Penduduk 2020 (SP2020) secara online sudah mencapai angka 27,6 juta penduduk atau sekitar 7,3 juta keluarga. (Baca juga: BPS: Sensus Penduduk 2020 Bisa Online)

Deputi Bidang Statistik Sosial BPS Margo Yuwono mengatakan, partisipasi masyarakat Indonesia dalam sensus penduduk online yang baru pertama kali dilaksanakan ini sangatlah bagus. ”Capaian ini berkat partisipasi aktif masyarakat yang dengan kesadaran penuh mencatatkan dirinya,” ujarnya, Minggu (29/3/2020). (Baca juga: Begini Cara Mengisi Sensus Penduduk 2020 secara Online)

Menurut dia, rasa nasionalisme seperti inilah yang sangat diharapkan, karena ke depan, jika data registrasi kependudukan semakin baik maka bisa jadi sensus penduduk tidak perlu lagi dilaksanakan. (Baca juga: BPS: Sensus Penduduk 2020 secara Online Ditutup Akhir Maret)



Senada, Direktur Sistem Informasi Statistik BPS Muchammad Romzi mengatakan, partisipasi aktif masyarakat sangatlah dibutuhkan. Apalagi sekarang, sensus dapat dilakukan melalui online. Sambil melaksanakan Work from Home (WFH) masyarakat juga bisa melakukan sensus secara online melalui websitehttps://sensus.bps.go.id. ”Cukup dengan menggunakan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan Nomor Kartu Keluarga (KK), masyarakat sudah bisa login dan mengisi datanya sendiri dengan aman dan nyaman,” ucapnya.

Romzi mengatakan, target dari SP 2020 online adalah masyarakat yang mobilitasnya tinggi dan juga yang tinggal di kawasan pemukiman elite, seperti apartemen dan perumahan mewah. Lokasi tersebut umumnya sulit ditemui petugas sensus. ”Pengisian sensus secara online sangat mudah dan cepat. Waktu yang dibutuhkan mengisi data perorang rata-rata lima menit,” katanya.
(cip)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top