Basmi Virus Corona, BAZNAS Desinfeksi Sejumlah Area Transportasi Publik

Rabu, 25 Maret 2020 - 19:35 WIB
Basmi Virus Corona, BAZNAS Desinfeksi Sejumlah Area Transportasi Publik
Basmi Virus Corona, BAZNAS Desinfeksi Sejumlah Area Transportasi Publik
A A A
JAKARTA - Cegah penyebaran virus Corona (Covid-19) Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) menurunkan Tim BAZNAS Tanggap Bencana melakukan penyemprotan cairan desinfektan ke area transportasi publik yakni di Stasiun Tanah Abang, Jakarta Pusat, Rabu (25/3/2020). (Baca juga: Corona Kian Mengganas, 790 Orang Positif, 58 Meninggal Dunia)

Menurunkan sembilan personel, penyemprotan dilakukan pada area yang ramai masyarakat melintas seperti peron stasiun, musala, dan toilet. Tak hanya disemprot, mereka juga melakukan pengelapan dengan kain yang telah diberi cairan desinfektan ke area yang sering disentuh oleh masyarakat seperti mesin tap kartu untuk keluar masuk stasiun, pegangan tangga stasiun, dan juga vending machine. (Baca juga; Pemerintah Tak Bisa Sendiri Lawan Corona, BNPB: Relawan Penting Bagi Kami)
(

“Meski jam operasi sudah dibatasi, saat ini jumlah masyarakat pengguna KRL masih sangat banyak. Stasiun Tanah Abang menjadi salah satu stasiun transit dengan mobilitas masyarakat yang cukup tinggi ditambah lokasinya yang berdekatan langsung dengan pasar,” kata jelas Kepala Program BAZNAS Tanggap Bencana, Dian Mandana Aditya Putri.

Menrut dia, hal inilah yang mendasari BAZNAS Tanggap Bencana berinisatif untuk melakukan penyemprotan desinfektan agar masyarakat steril dari penularan COVID-19. Selain penyemprotan dan pengelapan, lanjut Dian, pihaknya juga melakukan pendistribusian 400 hand sanitizer untuk diberikan kepada para penumpang KRL Commuter Line.

“Tim juga memberikan edukasi singkat bagaimana cara menggunakan hand sanitizer yang baik untuk menjaga kebersihan tangan agar aman dari virus. BAZNAS Tanggap Bencana akan terus bergerak melakukan upaya-upaya menekan angka penyebaran virus yang semakin meluas,” ujarnya.

Sebelumnya, Tim BAZNAS Tanggap Bencana juga telah melakukan penyemprotan serupa di beberapa area tansportasi publik seperti Stasiun Tebet, Stasiun Manggarai, Stasiun Juanda, dan juga Terminal Kampung Melayu.

Sementara itu, Direktur Utama BAZNAS, M Arifin Purwakananta menambahkan dalam upaya membantu pencegahan penyebaran COVID-19, pihaknya concern pada titik area publik dimana masih banyak aktivitas masyarakat.

“BAZNAS berupaya membantu mereka yang memang tidak bisa melakukan sistem bekerja dari rumah agar tetap terlindungi saat berada di area umum. Semoga langkah kecil kami, bisa memberikan dampak yang berarti dalam mencegah mereka dari penularan COVID-19,” tuturnya.

Terkait dengan penyebaran COVID-19, BAZNAS telah menggerakkan seluruh lembaga program untuk berperan aktif dalam aksi pencegahan di antaranya adalah pembentukan crisis center bersama lembaga zakat lainnya, pendistribusian Alat Pelindung Diri (APD) untuk tim medis, pengadaan wastafel cuci tangan di area publik, pembersihan karpet musala dan masjid, serta mengedukasi mustahik agar ikut mengampanyekan budaya hidup bersih sebagai upaya pencegahan COVID-19.
(cip)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7043 seconds (0.1#10.140)