alexametrics

Wabah Virus Corona, APPSI Minta Pedagang Jaga Stabilitas Pangan

loading...
A+ A-
JAKARTA - Merebaknya wabah virus Corona membuat sejumlah harga komoditas pangan dan medis naik. Untuk itu, Asosiasi Pedagang Pasar Seluruh Indonesia (APPSI) meminta para pedagang menjaga stabilitas harga.

Ketua Umum APPSI Ferry Juliantono mengatakan, virus corona tidak hanya mengancam kesehatan masyarakat, tetapi juga perekonomian secara nasional.

Terlebih, aksi memborong masyarakat atau panic buying ataupun spekulan yang menimbun sejumlah komoditas barang hingga memicu kelangkaan dan kenaikan harga barang.



Ferry Juliantono yang juga merupakan Ketua Induk Koperasi Pedagang Pasar (Inkoppas) itu, meminta kepada seluruh pedagang pasar menjaga ketersediaan kebutuhan bahan pangan untuk masyarakat.

Hal tersebut disampaikan Ferry Juliantono kepada Pengurus Pusat Koperasi Pedagang Pasar (PUSKOPPAS) dan Pengurus Koperasi Pedagang Pasar (KOPPAS) di seluruh Indonesia lewat imbauan tertulisnya pada Kamis (19/3/2020).

"Mencermati kondisi perekonomian saat ini, saya mengimbau kepada Pengurus PUSKOPPAS dan Pengurus KOPPAS untuk membantu menjaga stabilitas harga bahan pangan di pasar," ungkap Ferry Juliantono dalam siaran tertulis pada Kamis (19/3/2020).

Selain itu, Ferry Juliantono meminta pengurus, anggota koperasi, serta paguyuban pasar dapat bekerjasama dan berkoordinasi dalam rangka mengupayakan terjaminnya pasokan bahan pangan untuk pemenuhan kebutuhan masyarakat. Sehingga lanjutnya, dapat mengurangi resiko kelangkaan barang di pasar.

"Tidak melakukan upaya spekulatif dengan menyimpan atau menimbun bahan pangan, menaikkan harga dengan tidak wajar yang berdampak merugikan pedagang sendiri dan berpotensi pula menjadi tindak pidana," jelasnya.

Bersamaan dengan hal tersebut, dirinya juga meminta kepada para pedagang memberikan sosialisasi kepada masyarakat untuk tidak melakukan panic buying. Tujuannya agar stabilitas pasokan barang dan harga tetap dapat terjaga.

Tidak hanya itu, berkaitan dengan mewabahnya virus Corona atau COVID 19 ditanah air, Ferry Juliantono juga menghimbau para pedagang untuk selalu menjaga kebersihan kios masing-masing pedagang di pasar.

Para pedagang pun dimintanya untuk melindungi kesehatan diri dengan menggunakan masker, sarung tangan, serta sesering mungkin cuci tangan menggunakan sabun pencuci tangan.

Namun, apabila tidak memungkinkan mencuci tangan, para pedagang dimintanya untuk menggunakan semprotan disinfektan atau hand sanitizer.

"Saya harap para pedagang juga dapat menjadi duta pencegahan virus corona dan mengambil bagian peting dalam menjaga stabilitas pasokan dan harga komoditas selama masa sulit ini," tutupnya.
(zil)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top