2 Hari Jelang Kongres Demokrat, Belum Ada yang Deklarasi Jadi Calon Ketum

Kamis, 12 Maret 2020 - 13:16 WIB
2 Hari Jelang Kongres Demokrat, Belum Ada yang Deklarasi Jadi Calon Ketum
2 Hari Jelang Kongres Demokrat, Belum Ada yang Deklarasi Jadi Calon Ketum
A A A
JAKARTA - Ketua Divisi Advokasi dan Hukum Partai Demokrat Ferdinand Hutahaean mengakui bahwa sosok Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan Edhie Baskoro Yudhoyono (EBY) diakui ketokohannya oleh para kader Demokrat. Namun, soal pencalonan keduanya sebagai ketua umum (ketum) Demokrat baru akan diketahui saat pendaftaran.

"Kita belum tau siapa yang akan maju karena sampai saat ini belum ada yang deklarasi menyatakan akan maju. Jadi kita tunggu saja sampai Sabtu nanti siapa yang mendaftar," kata Ferdinand kepada SINDOnews, Kamis (12/3/2020).

Ferdinand menjelaskan, dukungan para pemilik suara secara resmi akan disampaikan dalam surat rekomendasi calon ketum dari para pengurus daerah dan cabang. Surat dukungan itu bersifat rahasia sebelum disampaikan pada saat pandangan umum di Kongres V Partai Demokrat. (Baca Juga: Kongres Demokrat Dimajukan, Pendiri Partai Lontarkan Kritikan).

"Jadi suara-suara lisan bisa saja beda dengan sikap resmi pengurus secara kolektif. Maka itu kita tunggu saja nanti," kata Ferdinand.

Menurut Ferdinand, kader-kader Demokrat menilai AHY dan EBY yang memiliki ketokohan tersendiri. Namun, apakah keduanya akan mencalonkan diri, itu bisa dilihat dalam perkembangan nanti.

"Tentu AHY dan EBY pasti memiliki nilai tersendiri bagi kader, karena mereka memang tokoh partai. Tapi apakah mereka akan maju, kita lihat saja nanti," ucapnya.

Dia menambahkan, soal perkembangan terkait Kongres V Partai Demokrat akan disampaikan Jumat (13/3/2020) oleh Sekretaris Jenderal (Sekjen) Demokrat Hinca Panjaitan.

"Saat ini persiapan terus dilakukan oleh pihak SC (Steering Committee/panitia pengarah) dan OC (Organizing Committee/panitia pelaksana)," katanya. (Baca Juga: Isu Gatot Nurmantyo Ikut Rebutan Kursi Ketum Cuma Mimpi Indah Senior Demokrat).
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8374 seconds (0.1#10.140)
pixels