Corona Menggila, DPR Dorong BUMN Produksi Masker Penuhi Kebutuhan

Rabu, 11 Maret 2020 - 12:36 WIB
Corona Menggila, DPR Dorong BUMN Produksi Masker Penuhi Kebutuhan
Corona Menggila, DPR Dorong BUMN Produksi Masker Penuhi Kebutuhan
A A A
JAKARTA - Anggota Komisi VI DPR RI Achmad Baidowi mendorong salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) bisa memproduksi masker yang sesuai standar. Tujuannya, memenuhi kebutuhan dalam negeri terkait corona.

"Salah satu BUMN yang bisa ditugaskan adalah RNI yang selama ini bergerak di bidang agroindustri, farmasi, dan kesehatan," ujar pria yang akrab disapa Awiek ini dalam keterangan tertulisnya, Rabu (11/3/2020).

Menurut dia, untuk mempercepat usulan itu, Kementerian BUMN bisa segera berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait seperti Kementerian Kesehatan (Kemenkes), BSN, dan juga Kementerian Keuangan (Kemenkeu) terkait bea cukai terhadap bahan baku ataupun peralatan yang diimpor. (Baca Juga: Pasien Corona Bertambah, Pemerintah Diminta Cek Kondisi Pekerja dari China).

"Potensi bisnis ini cukup menjanjikan mengingat isu corona ini kemungkinan tidak mereda dalam waktu dekat," ujar Sekretaris Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) DPR RI ini.

Dia mengatakan, kebutuhan masker di Indonesia dalam beberapa minggu terakhir meningkat tajam akibat merebaknya virus corona. Hal tersebut, lanjut dia, mengakibatkan harga melonjak karena persediaan menipis. "Kondisi ini dimanfaatkan oleh pihak-pihak tertentu untuk mengeruk keuntungan besar," katanya.

Bahkan, lanjut dia, ada pihak yang memproduksi masker secara ilegal yang tak memenuhi standar kesehatan. "Selain itu, karena corona menjadi gejala global maka berpengaruh terhadap neraca perdagangan, termasuk dalam impor masker," pungkasnya. (Baca Juga: Cegah Corona, Pemerintah Diminta Kerja Sama dengan Korsel dan Singapura).
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4887 seconds (0.1#10.140)