LBM Eijkman Harap Pemerintah Gandeng RS Swasta Bantu Penanganan Corona

Minggu, 08 Maret 2020 - 17:01 WIB
LBM Eijkman Harap Pemerintah Gandeng RS Swasta Bantu Penanganan Corona
LBM Eijkman Harap Pemerintah Gandeng RS Swasta Bantu Penanganan Corona
A A A
JAKARTA - Lembaga Biologi Molekul (LBM) Eijkman mengusulkan agar pemerintah dapat menggandeng rumah sakit (RS) swasta dalam penanganan virus Corona atau COVID-19 di Indonesia. Kepala LBM Eijkman, Amin Subandrio menilai kemampuan dan fasilitas milik rumah sakit swasta dapat diperhitungan dalam mendeteksi gejala-gejala awal kepada masyarakat.

Selain itu, RS swasta juga bisa menampung pasien dari kalangan menengah ke atas. Sebab, kata Subandrio, orang-orang yang biasanya bepergian ke luar negeri adalah kalangan menengah ke atas. (Baca juga: Jumlah Suspect Corona Meningkat Jadi 23 Orang )

"Saya ingin usulkan supaya rumah sakit swasta itu dilibatkan pak kenapa? Karena banyak orang-orang yang masuk ke Indonesia itu atau yang pulang dari luar negeri itu yang menengah ke atas dan mereka kalau merasa sakit atau mau konsultasi pasti ke rumah sakit swasta," ujar Subandrio dalam diskusi di kawasan KH Wahid Hasyim, Jakarta Pusat, Minggu (8/3/2020).

Subandrio berharap nantinya RS swasta dapat memilki fasilitas untuk mendeteksi dini virus Corona jika ikut digandeng oleh pemerintah. "Tapi kalau seandainya diberi wewenang rumah sakit swasta yang memang memiliki fasilitas mereka bisa membantu kita untuk early detection," jelasnya.

Tak hanya itu, walau diberi kewenangan untuk mendeteksi gejala Corona, RS swasta juga berkewajiban tetap berkoordinasi dengan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) melalui dinasnya di berbagai provinsi atau kota. (Baca juga: Ini Kondisi Terbaru 4 Pasien Positif Corona )

"Tentunya harus diregulasi kalau misal positif mereka enggak boleh ngomong dulu harus cepat memberi tahu kepada Kemenkes misal setelah divalidasi dan dipastikan betul positif baru diumumkan supaya tak muncul dari mana-mana informasinya," tuturnya.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.3119 seconds (0.1#10.140)