Pemahaman Masyarakat Indonesia terhadap Empat Pilar MPR Masih Rendah

Jum'at, 28 Februari 2020 - 18:47 WIB
Pemahaman Masyarakat Indonesia terhadap Empat Pilar MPR Masih Rendah
Pemahaman Masyarakat Indonesia terhadap Empat Pilar MPR Masih Rendah
A A A
GORONTALO - Wakil Ketua MPR RI Fadel Muhammad menyatakan, pemahaman warga negara Indonesia terhadap ideologi Pancasila dan UUD 1945 masih sangat rendah. Dari survei yang dilakukan MPR RI terhadap seluruh masyarakat Indonesia, hanya sekitar 40% masyarakat Indonesia yang tahu Pancasila dan UUD 1945.

"Baru-baru ini kita membuat survei ke seluruh rakyat Indonesia, apakah sudah mengerti dengan ideologi Pancasila dan UUD 45, yang paham hanya 40%," kata Fadel di Pohe, Hulonthalangi, Gorontalo, Jumat (28/2/2020).

Pihaknya mengaku akan bekerja keras dalam tigatahun ini, dengan melakukan Sosialisasi Empat Pilar MPR, yakni Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara, UUD 1945 sebagai konstitusi negara dan ketetapan MPR. Lalu, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) sebagai bentuk negara, dan Bhinneka Tunggal Ika sebagai semboyan negara.

Sosialisasi Empat Pilar MPR ini akan dilakukan masif. "Target kami, dalam tiga tahun mendatang bisa mencapai 90%. Jadi rakyat semua, sudah mengerti dan tahu. Kita sekarang sudah ada badan pengamalan Pancasila. Nanti ideologi ini bisa kita terapkan sehari-hari," jelasnya.

Anggota DPD RI Abdurrahman Abubakar Bahmid mengatakan, pentingnya pemahaman terhadap 4 Pilar MPR bagi masyarakat untuk mencegah perpecahan. Dia mencontohkan, banyak negara di dunia, seperti India, hingga Yuloslavia yang pecah karena tidak adanya ideologi pemersatu. Termasuk Indonesia sendiri, perpecahan, juga pernah terjadi dengan lepasnya Timor Leste.

"Sesuatu yang tidak diantisipasi sangat besar menjadi konflik. Di Indonesia lebih dari 1.000 suku, ada 700 bahasa, di Gorontalo saja ada empat bahasa, agama yang diakui ada enam," jelasnya.

Kegiatan Sosialisasi Empat Pilar MPR di Kelurahan Pohe, Hulonthalangi, Gorontalo ini mendapat sambungan hangat masyarakat. Mahasiswa, unsur masyarakat, dan para politikus tampak hadir mengisi kegiatan kebangsaan ini.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6080 seconds (0.1#10.140)