Dipercepat, Kartu Prakerja Diluncurkan Bulan Depan di Tiga Daerah

Selasa, 25 Februari 2020 - 18:46 WIB
Dipercepat, Kartu Prakerja Diluncurkan Bulan Depan di Tiga Daerah
Dipercepat, Kartu Prakerja Diluncurkan Bulan Depan di Tiga Daerah
A A A
JAKARTA - Salah satu langkah pemerintah mengatasi dampak virus Corona terhadap perekonomian Indonesia, yakni mempercepat penerapan kartu prakerja.

Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto mengatakan pemberlakuan kartu pekerja akan dipercepat.

Program itu akan dilaksanakan di Bali, Sulawesi Utara, dan Kepulauan Riau. Saat ini tengah disapkan peraturan presiden dan pembentukan Project Management Office (PMO).

“Selanjutnya disiapkan mekanismenya dari Kementerian Keuangan sehingga target pelaksanaan di tiga lokasi tersebut bisa segera dilaksanakan di Bulan Maret ini,” kata Airlangga di Kantor Presiden, Jakarta. Selasa (25/2/2020).

Semula kartu prakerja rencananya diluncurkan pada bulan April mendatang di dua kota, yakni Jakarta dan Bandung. Perpindahan lokasi karena Bali, Kepulauan Riau dan Sulawesi Utara merupakan daerah terdampak isu virus corona.

Airlangga mengatakan realisasi kartu prakerja akan menggunakan sistem dengan aplikasi online. Sementara untuk pelatihannya tetap dilakukan secara online.

"Dalam sistem tersebut juga akan dilakukan pelatihan dengan menggunakan aplikasi online, namun pelatihannya sendiri bisa offline,” ungkapnya.

Rencananya, kata dia, kartu prakerja ini akan ditargetkan untuk 2 juta manfaat. "Ditargetkan juga untuk menggunakan yang di tenaga kerja sebanyak 500.000,” tuturnya.
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8029 seconds (0.1#10.140)