Pagi Ini Jokowi Akan Takziyah ke Kediaman Gus Sholah

Senin, 03 Februari 2020 - 06:41 WIB
Pagi Ini Jokowi Akan Takziyah ke Kediaman Gus Sholah
Pagi Ini Jokowi Akan Takziyah ke Kediaman Gus Sholah
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi), Senin (3/2/2020) pagi ini dijadwalkan takziyah ke kediaman KH Salahuddin Wahid alias Gus Sholah yang meninggal dunia akibat komplikasi penyakit jantung di Rumah Sakit Harapan Kita Jakarta, Minggu (2/2/2020) malam.

Kabar bahwa Jokowi akan bertakziyah ke rumah duka di Jalan Kapten Tendean, Nomor 2 C, Jakarta Selatan, tersebut disampaikan Gus Ipang Wahid, putra Gus Sholah. "Insyaallah kita akan berangkat dari sini jam 8.30 pagi. Jam 8 siap-siap acara pelepasan, jam 9 kita berangkat. Ada rencana Pak Presiden mau rawuh (datang) ke sini, mau takziyah, mungkin jam 7 pagi, tapi masih belum tahu kepastiannya. Jam 8.30 kita jalan, mudah-mudahan bisa take off jam 10," tuturnya.

Diketahui, Gus Sholah mengembuskan napas terakhirnya pukul 20.55 WIB. Sekitar pukul 23.52 WIB, jenazah tiba di rumah duka dan langsung disambut ribuan petakziyah yang terus berdatangan silih berganti. Tak berselang lama, jenazah langsung disalatkan secara bergiliran.

Salat jenazah tahap pertama langsung diimami Gus Ipang Wahid. Tampak sejumlah tokoh hadir di antaranya Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional yang juga Ketua Umum PPP Suharso Monoarfa, mantan Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, Sekjen PKB Hasanuddin Wahid, Ketua Umum GP Ansor Yaqut Cholil Qoumas dan sang kakak, Katib Aam PBNU KH Yahya Cholil Staquf, Sekjen PBNU Helmy Faishal Zaini, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, mantan Wakil Gubernur DKI Sandiaga Uno, mantan Ketua Umum Partai Golkar Akbar Tandjung, Ketua DPP PKB yang juga mantan Menaker Hanif Dhakiri, dan sejumlah tokoh lainnya.

Dalam sambutannya mewakili keluarga sesaat setelah salat jenazah, Gus Ipang mengucapkan terima kasih kepada seluruh petakziyah yang telah meluangkan waktu dan tenaga untuk mengantarkan kepulangan almarhum Gus Sholah.

Rencananya, jenazah diterbangkan ke Jombang, Jawa Timur pada Senin (3/2/2020) pagi sekitar pukul 08.30 WIB melalui Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta menuju Surabaya dan selanjutnya dibawa ke Jombang.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9332 seconds (0.1#10.140)
pixels