Mengenang Lily Wahid, Adik Gus Dur yang Aktif Perjuangkan Hak Konstitusional

Senin, 09 Mei 2022 - 19:31 WIB
loading...
Mengenang Lily Wahid, Adik Gus Dur yang Aktif Perjuangkan Hak Konstitusional
Lily Chodidjah Wahid atau yang lebih dikenal Lily Wahid, meninggal dunia pada Senin, 9 Mei 2022 di RSCM, Jakarta. Foto/Dok Okezone
A A A
JAKARTA - Lily Chodidjah Wahid atau yang lebih dikenal Lily Wahid , meninggal dunia pada Senin, 9 Mei 2022 di RSCM, Jakarta. Adik Gus Dur yang dikenal vokal ini dikenal aktif perjuangkan hak konstitusionalnya saat menjadi anggota Dewan.

Lily Wahid lahir di Jombang pada 4 Maret 1948. Lily merupakan anak kelima dari pasangan suami istri KH A Wahid Hasyim dengan Ibu Nyai Solichah.

Lily Wahid dikaruniai tiga anak dari suaminya yang wafat tahun 1987. Ia adalah sosok yang sangat aktif dalam berorganisasi. Saat duduk di bangku SMA, Lily Wahid aktif di IPPNU dan KAPPI. Setelah tamat SMA, Lily Wahid diterima di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (UI).

Baca juga: Adik Gus Dur Lily Wahid Meninggal Dunia

Lily menjadi anggota DPR RI 2009-2014 dari Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (F-PKB). Dia pernah menjadi anggota Komisi I DPR RI yang antara lain membidangipersoalan luar negeri dan pertahanan.

Semasa menjadi anggota DPR, Lily dikenal sebagai sosok vokal. Dia merupakan satu-satunya perempuan yang tergabung dalam Tim 9 Century.

Anggota Tim 9 Century lainnya adalah Maruarar Sirait, Bambang Soesatyo,Chandra Tirta Wijaya, Andi Rahmat, M Misbakhun, Kurdi Moekri,Akbar Faizal, dan Ahmad Muzani.Mereka yang berjumlah sembilan orang itu kemudian membentuk Tim Sembilan, dalam upayanya membongkar skandal Bank Century.

"Kebetulan saya dan beliau masuk Tim 9 Century, dari awal sikapnya konsisten dan tapi juga tidak meledak-ledak. Beliau konsisten dengan caranya, jadi bagian yang mengayomi kita semua," ujar salah satu sahabat Lily, Chandra Tirta Wijaya, kepada SINDOnews, Senin (9/5/2022).

Baca juga: Lily Wahid Dikenal sebagai Sosok yang Mengayomi

Sikap mengayomi tersebut, kata Chandra, terlihat lantaran Lily merupakan satu-satunya perempuan di Tim 9 Century tersebut. "Kalau kita terlalu maju, dia memberikan wawasan. Kalau kita down, dia memberikan masukan yang bagus dan menyemangati. Dengan adanya Ibu Lily, kita jadi lebih semangat dan berani," ujar Wakil Ketua Umum Partai Ummat ini.

Fahri Hamzah, mantan Wakil Ketua DPR RI menyaksikan sendiri keaktifan Lily Wahid dalam menggunakan hak-hak konstitusionalnya sebagai anggota DPR. Bukan hanya Bank Century, dia juga mendukung angket perpajakan dan menolak kenaikan BBM.

"Sebagai sesama anggota dewan pada periode itu saya menyaksikan keaktifan Ibu Lily yang luar biasa dalam menggunakan hak-hak konstitusionalnya, menjalankan tugas pengawasan. Kami sama-sama mendukung hak angket kasus Bank Century, angket perpajakan dan menolak kenaikan BBM," tulis Fahri di akun Twitter-nya, @fahrihamzah, Senin (9/5/2022).
(zik)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2829 seconds (11.252#12.26)