Jokowi: Tim Evakuasi 243 WNI Segera Diberangkatkan ke Wuhan, China

Jum'at, 31 Januari 2020 - 23:16 WIB
Jokowi: Tim Evakuasi 243 WNI Segera Diberangkatkan ke Wuhan, China
Jokowi: Tim Evakuasi 243 WNI Segera Diberangkatkan ke Wuhan, China
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah menginstruksikan kepada Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi agar segera mengevakuasi 243 warga negara Indonesia (WNI) yang berada di Wuhan, Provinsi Hubei, dan kota-kota sekitarnya.

Presiden Jokowi mengatakan, saat ini tim pendahulu sudah memasuki provinsi Hubei, China dan melakukan persiapan penjemputan 243 WNI yang masih tertahan di Wuhan dan sekitarnya.

"Insya Allah, tim evakuasi akan berangkat kurang dari 24 jam lagi dengan pesawat berbadan lebar agar mereka semua bisa diterbangkan ke Tanah Air," kata Presiden Jokowi di Jakarta, Jumat (31/1/2020).

Menurut Jokowi, tidak hanya tim penjemputan, di Indonesia, tim persiapan penerimaan juga telah dilakukan sesuai dengan prosedur dan protokol kesehatan yang berlaku. "Pemerintah sudah mempesiapkan semuanya, tim evakuasi dan tim penerimaan di Indonesia," kata Jokowi.

Sebelumnya diberitakan, Pemerintah telah memutuskan untuk melakukan evakuasi 243 warga negara Indonesia (WNI) yang berada di Wuhan, Provinsi Hubei, dan kota-kota sekitarnya. Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan bahwa proses evakuasi ini dikoordinasikan oleh Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi. (Baca juga: Evakuasi WNI dari Wuhan, Jokowi: Antrean Kita Sudah di Depan )

"Kemarin sore sudah kita putuskan dalam rapat terbatas bahwa saya sudah perintahkan untuk segera mengevakuasi warga negara Indonesia yang ada di Wuhan dan sekitarnya. Ini dikoordinir oleh Menteri Luar Negeri bersama seluruh menteri terkait," ujarnya melalui siaran pers yang diterima SINDO, Jumat (31/1/2020). (Baca juga: Sikapi Virus Corona, Presiden Disarankan Gelar Rapat Kabinet Darurat )
(pur)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0076 seconds (0.1#10.140)