Punya Semua Keunggulan, Nagara Rimba Nusa Pemenang Desain IKN

Senin, 23 Desember 2019 - 19:45 WIB
Punya Semua Keunggulan,...
Punya Semua Keunggulan, Nagara Rimba Nusa Pemenang Desain IKN
A A A
JAKARTA - Konsep Ibu Kota Negara (IKN) yang bernama Nagara Rimba Nusa, keluar menjadi pemenang dalam Sayembara Desain Kawasan Ibu Kota Baru, yang telah menyisihkan dari lima konsep ibu kota baru yang masuk.

Praktisi Arsitek dan Urban Desain yang juga Gubernur Jawa Barat (Jabar), Ridwan Kamil mengungkapkan pemenang dari sayembara tersebut melalui akun Instagramnya, Senin (23/12/2019).

(Baca juga: Sayembara Desain Kawasan Ibu Kota Baru, Ini Kisi-kisinya)

Ridwan Kamil adalah salah satu juri dari sayembara tersebut. Mantan Wali Kota Bandung ini mengatakan, tim desain yang dipimpin Sibarani Sofyan ini menyisihkan 257 proposal yang masuk.

"Selamat untuk pemenang 1 Desain Ibu Kota Negara Indonesia. Tim desain yang dipimpin Sibarani Sofyan @sibsib75 ini menyisihkan 257 proposal yang masuk," kata Ridwan Kamil.

(Baca juga: Ini Alasan Ibu Kota Dipindah ke Penajam Paser Utara dan Kutai Kartanegara)

Dia menjelaskan, desain pilihan para juri, salah satunya, dan pilihan Presiden ini memiliki semua keunggulan dan desain sebuah kota dengan sejumlah komponen yang ada.

"Keberfungsian, Efisiensi lahan yang compact, identitas kebangsaan, ruang-ruang publik dan ruang demokrasi, monumentalitas sebagai ibu kota negara, sustainabilitas lingkungan (green, menghormati air dan hutan)," ungkapnya.

"Kemudian memiliki urban system yang baik (livable dan walkable, smart dan intelligent city). Insya Allah akan menjadi kota terkeren terbaik se Indonesia juga dunia. Selamat untuk mereka yang akan hidup disana," tambahnya.

Untuk hadiah dari sayembara ini terdiri dari, Pemenang I akan memperoleh hadiah Rp2 miliar, pemenang II Rp1,25 miliar, pemenang III Rp1 miliar, Harapan I Rp500 juta, dan Harapan II Rp250 juta.

Sedangkan Ketua Dewan Juri adalah Ketua Satgas Perencanaan Pembangunan Infrastruktur IKN Imam Santoso Ernawi dan Wakil Ketua Praktisi Urban Desain Andy Siswanto.

Sementara anggota dewan juri yakni Arsitek Gunawan Tjahjono, Praktisi Arsitek, Budaya & Pariwisata Wiendu Nuryanti, Rektor Universitas Mulawarman Masjaya, Deputi Bidang Pengembangan Regional Bappenas Rudy Soeprihadi Prawiradinata.

Kemudian praktisi Arsitek dan Urban Desain Ridwan Kamil, Praktisi Pemahat Patung Nyoman Nuarta, Ahli Rancang Kota (IARKI) Danang Priatmodjo, Arsitek (IAI) Ikaputra, Ahli Perencanaan Kota (IAP) Denny Zulkaidi, Praktisi Arsitek Lanskap Bintang A Nugroho, dan Arsitek & Ahli Perancang Kota (Diaspora) Daliana Suryawinata.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8287 seconds (0.1#10.140)