Peduli Masyarakat Kecil, Binmas Baharkam Polri Gelar Baksos

Jum'at, 13 Desember 2019 - 16:44 WIB
Peduli Masyarakat Kecil, Binmas Baharkam Polri Gelar Baksos
Peduli Masyarakat Kecil, Binmas Baharkam Polri Gelar Baksos
A A A
JAKARTA - Lebih dari 3.000 warga kurang mampu menerima bantuan sembako dan layanan kesehatan dalam acara bakti sosial (baksos) yang diselenggarakan Divisi Pembinaan Masyarakat (Binmas) Baharkam Polri di Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur dan Kota Solo, Jawa Tengah sejak hari Kamis (12/12/2019) hingga Jumat (13/12/2019).

Kepala Badan Pemeliharaan Keamanan, (Kabaharkam) Polri, Komjen Pol Firli Bahuri didampingi Kepala Korps Pembinaan Masyarakat (Binmas) Badan Pemeliharaan Keamanan (Baharkam) Polri, Irjen Pol Herry Wibowo usai meninjau layanan kesehatan pada acara baksos Binmas Polri di Kabupaten Sampang mengatakan, acara bakti sosial ini merupakan upaya dalam mewujudkan percepatan Indonesia sehat dan maju.

"Acara baksos ini merupakan salah satu upaya mendukung program pemerintah di antaranya membangun sumber daya manusia yang unggul dan sehat," kata Firli di Taman Wijaya, Kabupaten Sampang.

Dalam upaya membangun sumber daya manusia (SDM), kata Firli, salah satu yang dilakukan Polri melalui divisi Binmas Baharkam Polri adalah dengan memberikan perhatian kesehatan masyarakat. Selain itu juga Binmas Baharkam Polri memberikan bantuan berupa sembako seperti beras, minyak goreng, mie instant, gula pasir, dan lain-lain.

"Baksos ini adalah untuk merajut kebhinekaan membangun kebersamaan guna mewujudkan Indonesia sehat dengan pengobatan umum, pemeriksaan gigi, bantuan sembako, santunan anak yatim piatu, dan donor darah. Tujuannya adalah untuk membantu meningkatkan kesehatan SDM," ungkap Jenderal bintang tiga yang akan segera dilantik sebagai ketua KPK ini.

Senada dengan Firli, Kakorbinmas Baharkam Polri, Irjen Pol Herry Wibowo memaparkan, bahwa, acara baksos ini juga sejalan dengan program Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis, yaitu Polri harus mampu merajut kebhinekaan membangun kebersamaan guna mewujudkan Indonesia sehat.

"Sejak awal tahun 2019 baksos ini telah kami lakukan setiap minggu di setiap wilayah yang menurut kami membutuhkan bantuan. Tidak hanya di kota-kota besar, tapi juga hingga ke wilayah kabupaten, pelosok dan daerah perbatasan," jelas Herry.

Herry mengatakan, baksos pada minggu kedua bulan Desember ini, dilakukan selama tiga hari sejak Kamis (12/12) hingga Sabtu (14/12). Selain memberikan bantuan pada warga kurang mampu di Kota Solo, juga digelar di Kabupaten Sampang.

Berbeda dengan di Solo, di Kabupaten Sampang juga diberikan layanan konsultasi kesehatan gigi dan sunat massal bagi anak-anak kurang mampu. "Besok hari Sabtu kami juga akan melakukan kegiatan baksos ke daerah perbatasan di Atambua, Nusa Tenggara Timur (NTT)," ungkapnya.

Kapolda jateng, Irjen Pol Rycko Amelza saat mengunjungi acara Baksos Binmas di Kota Solo, mengaku bangga dengan apa yang telah dilakukan oleh Polri sebagai pengayom dan pelindung masyarakat. Acara ini juga sekaligus menunjukkan bahwa Polri sangat perduli pada kondisi kesehatan dan kesejahteraan masyarakat.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6694 seconds (0.1#10.140)