Pengamat: Jalan Gibran Tampak Mulus untuk Diusung PDIP

Jum'at, 13 Desember 2019 - 16:31 WIB
Pengamat: Jalan Gibran Tampak Mulus untuk Diusung PDIP
Pengamat: Jalan Gibran Tampak Mulus untuk Diusung PDIP
A A A
JAKARTA - Direktur Eksekutif Indonesia Public Institute (IPI), Karyono Wibowo menilai peluang Putra Sulung Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming Raka untuk mendapatkan rekomendasi dari Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri semakin besar.

Menurutnya, meski posisi PDIP masih dilematis karena terjadi tarik menarik dan pro kontra di internal partai berlambang banteng moncong putih tersebut.

"Tetapi, nampaknya jalan Gibran terlihat semakin mulus untuk diusung PDIP dalam pilkada Solo 2020 yang akan datang," ujar Karyono saat dihubungi Sindonews, Jumat (13/12/2019).

Karyono menganggap, PDIP bisa kehilangan posisi kekuasaan tertinggi di kota batik yang notabene menjadi salah satu basis terkuat PDIP.

Menurut dia, Gibran memiliki peluang besar untuk memenangkan Pilkada Kota Solo. Tingkat keterkenalan atau popularitas Gibran sudah cukup tinggi. Bos Markobar itu disebutnya tinggal menaikkan tingkat kesukaan dan akseptabilitasnya.

Ia memprediksi, potensi elektabilitas Gibran akan terus naik dengan berbagai gebrakan yang dilakukannya. Pengaruh Jokowi juga bisa mendongkrak elektabilitas Gibran secara signifikan.

"Oleh karenanya jika Gibran melenggang maju menjadi calon wali kota dari partai lain, PDIP bisa bisa gigit jari," pungkasnya.
(pur)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8098 seconds (0.1#10.140)
pixels