TNI Kerahkan 17.190 Personel Amankan Natal dan Tahun Baru 2020

Jum'at, 13 Desember 2019 - 13:32 WIB
TNI Kerahkan 17.190 Personel Amankan Natal dan Tahun Baru 2020
TNI Kerahkan 17.190 Personel Amankan Natal dan Tahun Baru 2020
A A A
JAKARTA - Amankan perayaan Natal dan Tahun Baru 2020, Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto mengerahkan 17.190 prajurit di seluruh Indonesia dalam Operasi Lilin 2019.

Hal itu ditegaskan Panglima TNI saat menghadiri Rapat Koordinasi Lintas Sektoral Bidang Operasional Tahun 2019 dalam rangka Persiapan Operasi Lilin 2019 di Auditorium STIK/PTIK, Jakarta Selatan. Jumat (13/12/2019). “Dalam pengamanan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 kita dapat merujuk pada pengamanan 2018, bahwa masing-masing instansi telah mengetahui titik-titik kritis sesuai dengan bidang tugasnya masing-masing,” tegasnya

Hadir dalam rapat tersebut Menko Polhukam Mahfud MD, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Kapolri Jenderal Pol Idham Azis, Ka BMKG Dwikorita Karnawati, Ka Basarnas Marsdya TNI Bagus Puruhito, Kepala Badan Pengelola Jalan Tol, Dirjen Yankes, Sestama BNP, Dirut Pertamina, Dirut Jasa Marga, Dirut Jasa Raharja, Vice President Security Operation PT KAI.

Dalam kesempatan itu, Panglima TNI juga meminta setiap pihak berbagi informasi agar dapat mengantisipasi dan saling mendukung kegiatan pengamanan tersebut agar dapat berjalan dengan baik.

”Dua momen penting tersebut tentunya akan melibatkan pergerakan masyarakat dan kendaraan dalam jumlah cukup besar sehingga dibutuhkan pelayanan publik di wilayah-wilayah di setiap tempat dan jaminan keamanan yang prima,” tegasnya.

Dengan demikian, kata Panglima TNI, sudah seharusnya semua pihak mewaspadai dan mempersiapkan segala sesuatu sesuai bidang tugas masing-masing. “Selanjutnya setiap bidang perlu untuk berkoordinasi dengan instansi lainnya agar dapat saling mendukung, melengkapi dan bertukar informasi,” katanya.

Mantan Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) menambahkan, pengamanan yang patut diperhatikan tidak hanya mengamankan masyarakat, tetapi juga mengamankan petugas yang ditempatkan di lapangan dan memerhatikan apabila ada yang mencurigakan, segera beritahukan kepada aparat terkait.

“TNI akan senantiasa siap memberikan bantuan dan dukungan, baik personel maupun alutsista sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan yang dimiliki satuan-satuan yang sudah tergelar di tiap-tiap wilayah guna suksesnya peringatan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020,” tegas Panglima TNI.
(cip)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8197 seconds (0.1#10.140)