Bupati Lombok Utara Fokus Percepatan, Inovasi, dan Nilai Tambah

Selasa, 19 November 2019 - 18:15 WIB
Bupati Lombok Utara...
Bupati Lombok Utara Fokus Percepatan, Inovasi, dan Nilai Tambah
A A A
JAKARTA - Bupati Lombok Utara Najmul Akhyar memaparkan strategi pembangunan dan program unggulan untuk mewujudkan visi Lombok Utara yang religius, berbudaya, adil dan sejahtera.

Untuk mewujudkan visi itu perlu strategi berupa percepatan, inovasi, dan nilai tambah (PIN).

PIN adalah perwujudan visi misi pembangunan daerah dalam ikhtiar peningkatan kesejahteraan masyarakat, penurunan kemiskinan, dan meningkatkan daya saing daerah.

"PIN digunakan untuk menyemangati seluruh birokrasi di Lombok Utara agar bisa cepat sejajar dengan kabupaten lain di NTB atau bahkan di Indonesia. PIN selalu saya gunakan sebagai alat ukur untuk menilai seluruh kerja birokrasi Lombok Utara," tutur Najmul dalam acara Indonesia Visionary Leader (IVL) Season 6 di Gedung SINDO, Jakarta, Selasa (19/11/2019).

Tidak hanya PIN, Najmul juga memiliki lima program unggulannya. Pertama, yakni aspek pariwisata yang merupakan program unggulan yang bisa mendongkrak dan mempercepat kemajuan Kabupaten Lombok Utara dengan menjadi poros wisata internasional.

"Dalam waktu cepat kami mendeklarasikan Lombok Utara sebagai destinasi wisata dunia. Yang kemudian dengan semangat itulah kami mencoba untuk membangun merumuskan program-program di mana pariwisata ini kami anggap sebagai salah satu kalau kita buat Piramida salah satu ujung yang paling tinggi," tuturnya.

Salah satunya, kata dia, program tersebut untuk mendukung pariwisata. Namun, bukan menomorduakan sektor-sektor yang lain. "Apabila sektor-sektor investasi yang lain itu bisa mendukung sektor pariwisata ini dengan baik, sektor lain pasti mengalami kemajuannya," tambahnya.

Program unggulan kedua, yakni aspek Pendidikan. Kemajuan sektor pendidikan dikataknya dapat mengangkat sumber daya manusia (SDM) Lombok Utara.

Selanjutnya, program unggulan ketiga, yakni aspek kesehatan dengan program andalan Tenaga Medis Bina Wilayah (Satu Dokter Satu Desa).

"Alhamdulilah pola ini kelihatan sekali mempercepat pembangunan kesehatan di Kabupaten Lombok Utara," tuturnya.

Program unggulan keempat dari aspek pertanian dengan program memasok produk pertanian untuk pasar pariwisata (holtikultura), lalu meningkatkan produktivitas lahan kering (lahan produktif), dan meningkatkan produktivitas perkebunan (diversifikasi dan intensifikasi) dan industrialisasi hasil pertanian.

Program unggulan kelima dari aspek ekonomi, yakni menumbuhkan 10.000 kewirausahaan berupa sinergi peningkatan kapasitas pelaku UMKM melalui integrasi pelatihan dan bantuan modal), lalu mengentaskan desa tertinggal menjadi desa berkembang dan penguatan ekonomi desa melalui penguatan BUMDes (BUMDes Mart)
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0882 seconds (0.1#10.140)