PBNU Berharap Kabareskrim Terpilih Dekat dengan Kiai dan Mengayomi Umat

Jum'at, 08 November 2019 - 09:12 WIB
PBNU Berharap Kabareskrim Terpilih Dekat dengan Kiai dan Mengayomi Umat
PBNU Berharap Kabareskrim Terpilih Dekat dengan Kiai dan Mengayomi Umat
A A A
JAKARTA - Siapa sosok yang bakal menggantikan Jenderal Idham Azis sebagai Kabareskrim masih dibahas di internal Polri. Namun siapa pun nantinya yang terpilih menjadi Kabareskrim, Pengurus Besar Nahdatul Ulama (PBNU) berharap sosok tersebut dekat dengan para kiai sehingga bisa mengayomi umat.

"PBNU tidak bisa mengintervensi Polri dalam memilih dan menentukan Kabareskrim baru. PBNU menyerahkan semua mekanisme pemilihannya kepada Polri. Hanya saja PBNU berharap Kabareskrim baru punya program kerja yang berkaitan dengan keumatan," ujar Rais Syuriah PBNU Kiai Mustofa Aqil Siradj kepada wartawan, Jumat (8/11/2019).

Bicara soal keumatan, kata Kiai Mustofa, tentunya bicara bagaimana caranya umat yang ada di negeri ini bisa hidup damai, tenteram dan bisa menjalankan ibadahnya dengan tenang.

"Tentunya untuk bisa mengayomi umat, sosok Kabareskrim terpilih nantinya tidak perlu sungkan melakukan silaturahmi dan komunikasi dengan ulama," terangnya.

Menyingung soal penanganan radikalisme? Mustofa menuturkan berbicara penanganan radikalisme ini tanggung jawab bersama, tidak bisa hanya mengandalkan institusi kepolisian.

"Karena saya melihat berbicara radikalisme adalah berbicara kepentingan juga. Ada kepentingan agama, ada kepentingan politik dan ada juga kepentingan lainnya," jelasnya.

Namun demikian kata Mustofa kepentingan umat lebih penting diperhatikan.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7074 seconds (0.1#10.140)