TNI Antisipasi Kericuhan Jelang HUT OPM

Rabu, 06 November 2019 - 15:27 WIB
TNI Antisipasi Kericuhan Jelang HUT OPM
TNI Antisipasi Kericuhan Jelang HUT OPM
A A A
JAKARTA - Kelompok separatis Organisasi Papua Merdeka (OPM) bakal merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) nya pada 1 Desember nanti. Terkait hal itu, TNI terus melakukan mitigasi ancaman serangan kelompok separatis itu.

"Ya kita mitigasi agar tidak terjadi keributan dan tidak terjadi permasalahan di sana," ujar Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto di sela rapat kerja Komisi I DPR Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (6/11/2019).

Sebelumnya, Hadi Tjahjanto dalam pemaparannya di Komisi I DPR, menyatakan Papua menjadi wilayah paling berpotensi terjadinya konflik dalam Pilkada serentak 2020. Adapun pemicunya seperti politik uang, konflik horizontal dan suku, agama, ras dan antargolongan (SARA).

Hadi membeberkan potensi itu berdasarkan pengalaman pemilu sebelumnya. "Itu berdasarkan pengalaman kegiatan kemarin pilkada, pileg, pilpres. Kita antisipasi betul sehingga kami persiapkan agar bisa mitigasi kemungkinan yang terjadi," katanya.

Sedangkan jumlah personel yang diterjunkan untuk mengamankan Pilkada 2020 adalah 2/3 dari personel Polri. "Kalau Polri 100 ya kita 2/3 sesuai SOP," tuturnya.
(cip)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7161 seconds (0.1#10.140)