Ribut-ribut Golkar Dicurigai agar Munas Tak Terkesan Aklamasi

Rabu, 06 November 2019 - 11:47 WIB
Ribut-ribut Golkar Dicurigai agar Munas Tak Terkesan Aklamasi
Ribut-ribut Golkar Dicurigai agar Munas Tak Terkesan Aklamasi
A A A
JAKARTA - Bambang Soesatyo atau Bamsoet telah ditunjuk Golkar menjadi Ketua MPR. Posisi Ketua MPR yang diberikan ke Bamsoet dinilai sebagian kalangan untuk meredam keinginannya agar tidak maju sebagai calon ketua umum Partai Golkar Desember nanti.

Namun nyatanya, Bamsoet saat ini mengklaim terus mendapatkan dukungan dari pengurus daerah agar tetap maju menjadi caketum melawan petahana, Airlangga Hartarto.

Direktur Indonesia Political Review (IPR), Ujang Komarudin menilai, peluang Bamsoet maju masih fifty-fifty. Jika memaksa maju peluang Bamsoet tetap akan sulit menang. (Baca Juga: Pendukung Airlangga Bicara Laknat Allah, Kubu Bamsoet Meradang)

Di sisi lain, jika Bamsoet kalah maka kursi ketua MPR yang sekarang diduduki bisa digoyang, bahkan bisa dicabut oleh Airlangga.

"Jika tak jadi maju, pendukung-pendukung Bamsoet tentu akan kecewa kepada Bamsoet. Karena pendukung-pendukungnya tak mendapat jabatan atau posisi apa-apa di AKD (alat kelengkapan Dewan) DPR maupun kabinet Jokowi," tutur Ujang kepada SINDOnews, Rabu (6/11/2019).

Ujang menganggap saat ini semua pimpinan alat kelengkapan Dewan dan menteri telah ditempati pendukung Airlangga. Oleh karena itu, bukan tidak mungkin maju tidak nya Bamsoet tergantung dari deal-deal politik atau kompromi dengan Airlangga dan para pendukungnya.

Dia memprediksi jika deal atau kompromi menghasilkan win-win solution bagi para pendukungnya maka Bamsoet tidak maju. Sebaliknya jika negosiasi buntu maka bisa saja Bamsoet tetap maju.

"Atau bisa saja majunya Bamsoet hanya untuk meramaikan perhelatan Munas Golkar agar tidak terkesan hanya ada calon tunggal, yaitu Airlangga. Majunya Bamsoet bisa saja pura-pura agar terkesan tidak terjadi aklamasi bagi kemenangan Airlangga nanti," tuturnya.
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8458 seconds (0.1#10.140)