KORAN SINDO Top 10 Media Berbahasa Indonesia Terbaik 2019

Senin, 28 Oktober 2019 - 19:45 WIB
KORAN SINDO Top 10 Media Berbahasa Indonesia Terbaik 2019
KORAN SINDO Top 10 Media Berbahasa Indonesia Terbaik 2019
A A A
JAKARTA - KORAN SINDO kembali menerima penghargaan sebagai media massa cetak terbaik dalam penggunaan Bahasa Indonesia dari Badan Pengembangan Bahasa dan Perbukuan (BPBP) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Penganugerahan diberikan dalam acara Puncak Bulan Bahasa dan Sastra 2019 yang digelar di Hotel Bidakara, Jakarta, Senin (28/10/2019).

Plakat dan piagam penghargaan diberikan oleh anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) utusan Provinsi Nusa Tenggara Timur Abraham Paul Liyanto kepada Wakil Redaktur Pelaksana KORAN SINDO Armydian Kurniawan. Penyerahan itu disaksikan Kepala Badan Pengembangan Bahasa dan Perbukuan Kemendikbud Dadang Sunendar dan Kepala Pusat Pembinaan Bahasa dan Sastra Kemendikbud Hurip Danu Ismadi.

Selain KORAN SINDO, ada empat surat kabar lain berbasis di Jakarta yang masuk Top 10 media massa cetak terbaik dalam penggunaan Bahasa Indonesia. Mereka adalah Republika, Bisnis Indonesia, Koran Jakarta dan Suara Pembaruan. Lima koran lainnya berbasis di daerah yakni Tribun Jabar (Jawa Barat), Pikiran Rakyat (Jabar), Solopos (Jawa Tengah), Suara Merdeka (Jawa Tengah) dan Radar sampit (Kalimantan Tengah).

Sementara itu, tiga koran nasional yang berbasis di Jakarta mendapat penghargaan kategori surat kabar berdedikasi dalam berbahasa Indonesia. Ketiganya yakni Kompas, Koran Tempo dan Media Indonesia.

Pada 2018 lalu, KORAN SINDO juga menerima penghargaan yang sama dari Kemendikbud. Kepala Badan Pengembangan Bahasa dan Perbukuan Kemendikbud Dadang Sunendar mengatakan, penganugerahan diberikan kepada media massa yang konsisten menggunakan bahasa Indonesia secara baik dan benar. “Kami juga ingin mendorong media massa agar meningkatkan kualitas bahasanya,” kata Dadang.

Koordinator penilaian penggunaan Bahasa Indonesia di media massa cetak nasional Eko Marini mengungkapkan, sebelum menetapkan 10 terbaik, pihaknya melakukan seleksi ketat dan penilaian terhadap seluruh media cetak yang beredar di Indonesia. "Penilaian dilaksanakan sebulan lebih sejak September 2019. Kami memprioritaskan surat kabar yang memuat editorial," terangnya.
(poe)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5516 seconds (0.1#10.140)