2045, Jokowi Targetkan RI dengan Pendapatan Rp27 Juta Per Kapita Per Bulan

Senin, 21 Oktober 2019 - 07:41 WIB
2045, Jokowi Targetkan RI dengan Pendapatan Rp27 Juta Per Kapita Per Bulan
2045, Jokowi Targetkan RI dengan Pendapatan Rp27 Juta Per Kapita Per Bulan
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) berharap pada 2045 atau satu abad Indonesia merdeka, Indonesia sudah bisa menjadi negara maju. "Mestinya, Insya Allah, Indonesia telah keluar dari jebakan pendapatan kelas menengah. Indonesia telah menjadi negara maju dengan pendapatan menurut hitung-hitungan Rp320 juta per kapita per tahun atau Rp27 juta per kapita per bulan. Itulah target kita. Target kita bersama," ujar Jokowi dalam pidato perdananya usai dilantik sebagai Presiden untuk periode keduanya di Gedung DPR/MPR, Senayan, Jakarta, Minggu (20/10/2019).

Jokowi berharap pada 2045, Produk Domestik Bruto Indonesia mencapai USD 7 triliun. Indonesia sudah masuk 5 besar ekonomi dunia dengan kemiskinan mendekati nol persen.

"Kita harus menuju ke sana. Kita sudah hitung, sudah kalkulasi, target tersebut sangat masuk akal dan sangat memungkinkan untuk kita capai. Namun, semua itu tidak datang otomatis, tidak datang dengan mudah. Harus disertai kerja keras, dan kita harus kerja cepat, harus disertai kerja-kerja bangsa kita yang produktif," ungkapnya.

Jokowi menegaskan, dalam dunia yang penuh risiko, yang sangat dinamis, dan yang kompetitif, kita harus terus mengembangkan cara-cara baru, nilai-nilai baru. Jangan sampai kita terjebak dalam rutinitas yang monoton. "Harusnya inovasi bukan hanya pengetahuan. Inovasi adalah budaya," katanya.

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini lantas bercerita tahun pertamanya berada di istana, saat mengundang masyarakat untuk halalbihalal.

"Protokol meminta saya untuk berdiri di titik itu, saya ikut. Tahun kedua, halalbihalal lagi, protokol meminta saya berdiri di titik yang sama, di titik itu lagi. Langsung saya bilang ke Mensesneg, 'Pak, ayo kita pindah lokasi. Kalau kita tidak pindah, akan jadi kebiasaan. Itu akan dianggap sebagai aturan dan bahkan nantinya akan dijadikan seperti undang-undang.” Ini yang namanya monoton dan rutinitas," tutur mantan Wali Kota Solo ini.

Karena itu, Jokowi menekankan pentingnya mendobrak rutinitas. Di sisi lain, meningkatkan produktivitas adalah hal lain yang menjadi prioritas. "Jangan lagi kerja kita berorientasi proses, tapi harus berorientasi pada hasil-hasil yang nyata. Saya sering ingatkan ke para menteri, tugas kita bukan hanya membuat dan melaksanakan kebijakan, tetapi tugas kita adalah membuat masyarakat menikmati pelayanan, menikmati hasil pembangunan," tandasnya.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7171 seconds (0.1#10.140)