Survei Alvara: Ekonomi Jadi PR Utama Jokowi di Periode Kedua

Senin, 14 Oktober 2019 - 15:28 WIB
Survei Alvara: Ekonomi Jadi PR Utama Jokowi di Periode Kedua
Survei Alvara: Ekonomi Jadi PR Utama Jokowi di Periode Kedua
A A A
JAKARTA - Pemerintahan Joko Widodo (Jokowi)-Jusuf Kalla (JK) segera berakhir. Sementara Jokowi akan melanjutkan roda pemerintahannya dengan pasangan barunya, KH Ma’ruf Amin untuk lima tahun ke depan. Pada Minggu (20/10/2019) nanti, pasangan Jokowi-Kiai Ma’ruf akan resmi dilantik.

Ada sejumlah pekerjaan rumah (PR) yang harus dituntaskan Jokowi di era kedua pemerintahannya nanti. Berdasarkan hasil survei terbaru Alvara Research Center yang dirilis Senin (14/10/2019), bidang ekonomi masih menjadi PR utama bagi kepemimpinan Jokowi yang harus segera dituntaskan.

”Karena selama lima tahun aspek-aspek yang terkait dengan kondisi ekonomi masih belum memenuhi harapan publik,” ujar CEO Alvara Research Center Hasanuddin Ali dalam keterangan tertulisnya mengenai Rapor 5 Tahun Kinerja Pemerintah Jokowi-JK, Senin (14/10/2019).

Hasanuddin mengatakan, lima aspek terendah capaian pemerintahan Jokowi-JK yaitu kondisi ekonomi nasional, kesejahteraan tenaga kerja, kemudahan lapangan kerja, pengentasan kemiskinan, stabilitas harga kebutuhan pokok. Sementara lima aspek yang mendapat kepuasan tertinggi yaitu telekomunikasi dan internet, transportasi publik, pendidikan, infrastruktur, dan kesehatan.

Survei nasional nasional ini dilakukan pada 12-31 Agustus 2019. Riset ini menggunakan multi stage random sampling dengan melibatkan 1.800 responden berusia 14-55 tahun melalui wawancara tatap muka.

Sampel diambil di seluruh Indonesia yang tersebar di 34 provinsi, dengan jumlah sampel tiap provinsi proporsional terhadap jumlah penduduk. Rentan margin of error sebesar 2,35% dengan tingkat kepercayaan 95%.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7721 seconds (0.1#10.140)