Wiranto Ditusuk, ISNU Minta Prorgam Deradikalisasi Perlu Diintensifkan

Sabtu, 12 Oktober 2019 - 06:01 WIB
Wiranto Ditusuk, ISNU Minta Prorgam Deradikalisasi Perlu Diintensifkan
Wiranto Ditusuk, ISNU Minta Prorgam Deradikalisasi Perlu Diintensifkan
A A A
JAKARTA - Ketua Umum PP Ikatan Sarjana Nahdlatul Ulama (ISNU), Ali Masykur Musa mengecam keras aksi penyerangan dan penusukan terhadap Menko Polhukam Wiranto.

Cak Ali, sapaan akrabnya, berharap insiden yang menimpa Wiranto jangan sampai terulang kembali. Apalagi tindakan itu didasarkan atas nama kebencian yang dibumbui pandangan keagamaan yang salah.

"Oleh karena itu atas kejadian yang menimpa Pak Wiranto, maka program deradikalisasi harus terus dilakukan kepada pihak-pihak yang terpapar paham keagamaan yang salah," kata Ali saat dihubungi Sindonews, Sabtu (12/10/2019).

Maka itu, lanjut Cak Ali, kelompok-kelompok yang ditengarai menganut paham radikal jangan dibiarkan. Bahkan sebaliknya, harus diajak dialog secara intensif agar memiliki pandangan keagamaan yang benar baik dalam sisi akidah mauapun muamalah berdasarkan Indonesia yang berpaham Pancasila.

Di samping itu, kata Cak Ali, di sinilah letak pentingnya para tokoh agama seperti NU dan Muhammadiyah agar dakwahnya ditujukan kepada mereka. Langkah terpenting berikutnya, menurut Ali, supaya perlu mensterilkan kampus-kampus baik negeri maupun swasta yang diindikasikan sudah banyak terpengaruh, khususnya kepada sivitas akademika yang memiliki pandangan-pandangan keberagaman yang salah.

"Kampus ini perlu disapa karena, karena dari kampus inilah akan mencetak calon tokoh dan pemimpin di semua tingkatan," kata mantan anggota BPK itu menuturkan.
(cip)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6105 seconds (0.1#10.140)