Rusuh Wamena Jatuh Korban, Moeldoko: Pemerintah Prihatin

Selasa, 24 September 2019 - 17:42 WIB
Rusuh Wamena Jatuh Korban,...
Rusuh Wamena Jatuh Korban, Moeldoko: Pemerintah Prihatin
A A A
JAKARTA - Kepala Staf Presiden (KSP) Moeldoko mengaku prihatin dengan jatuhnya korban karena kerusuhan di Wamena, Papua. Seperti diketahui korban jatuh berasal dari masyarakat maupun aparat.

“Pemerintah dan pasti masyarakat Indonesia sangat prihatin atas peristiwa ini. Sungguh kita tidak ingin ada prajurit, masyarakat sipil yang cukup banyak jumlahnya meninggal, ada polisi yang luka, dan seterusnya. Ini sungguh kita keprihatinan yang tinggi,” ujar Moeldoko di Kantor KSP, Jakarta, Selasa (24/9/2019).

Dia berharap bahwa persoalan yang ada di Papua bisa dituntaskan secara komprehensif. Dia mengaku bahwa hal tersebut tidak cukup dengan pendekatan keamanan.

“Kita sangat berharap bahwa semua persoalan nanti bisa diselesaikan. Tapi kita juga paham penyelesaian Papua menyeluruh, holistik, tidak bisa hanya pendekatan keamanan. Harus semua pendekatan kebudayaan, ekonomi kesejahteraan dan pendekatan lain yang lebih manusiawi, bermartabat,” paparnya.

Ditanyakan apakah akan ada penarikan pasukan, Moeldoko menjawab untuk hal tersebut butuh kajian lebih dalam. Menurutnya tugas negara adalah melindungi segenap bangsa dan warganya.

“Jadi di Papua itu yang ada di sana berbagai etnis, masyarakat pendatang, dan seterusnya. Semua dari itu membutuhkan kepastian keselamatan pengamanan. Oleh karena itu penugasan prajurit TNI/Polri untuk melindungi semua masyarakat di sana. Jadi tidak ada tugas lain karena itu bagian tugas negara,” pungkasnya.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1535 seconds (0.1#10.140)