Alfatih Timur, Sosok Kreatif di Balik Penggalangan Donasi Online

Jum'at, 13 September 2019 - 15:01 WIB
Alfatih Timur, Sosok Kreatif di Balik Penggalangan Donasi Online
Alfatih Timur, Sosok Kreatif di Balik Penggalangan Donasi Online
A A A
PLATFORM ini sudah tidak asing lagi untuk masyarakat Indonesia, khususnya dalam penggalangan dan berdonasi secara online.

Kitabisa.com, platform ini dibangun oleh Alfatih Timur, lulusan Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia ini memiliki suatu keinginan untuk membantu orang lain.

Melalui bimbingan Rhenald Kasali pada saat itu, dia mendapatkan ilmu tentang dunia wirausaha sosial dan dunia inovasi sosial. Pada akhirnya 6 Juni 2013 Kitabisa.com didirikan.

Alfatih menjabat sebagai salah satu pendiri dan Chief Executive Officernya. Setelah mendirikan Kitabisa.com, Timmy panggilan pria ini melakukan sosialisasi ke berbagai kampus untuk mengenalkannya dan mulai dimanfaatkan. Namun usahanya tidak langsung berhasil . Tidak ada donasi yang berhasil dikumpulkan, tetapi hal itu tidak membuatnya patah semangat.

Dengan sisa uang pernikahannya, dia terus melakukan perbaikan dan peningkatan pada Kitabisa.com dan usahanya pun tidak sia sia. Timmy berhasil menggandeng investor dalam pengembangan bisnisnya.

Menurut dia, bagian tersulit dalam mendirikan Kitabisa.com adalah membangun kepercayaan masyarakat. Masyarakat tidak mudah untuk langsung percaya terhadap sesuatu yang baru, terlebih sebagai wadah untuk berdonasi.

Berbagai tokoh terkenal di Indonesia pernah menggalang dana di Kitabisa.com. Dari usahanya mengembangkan Kitabisa.com, ia mendapat penghargaan “Under 30 Forbes Asia 2016”.

Timmy terpilih menjadi salah satu nominator 7 Millennial Heroes, event yang digelar SINDOnews untuk mengapresiasi generasi milenial yang dinilai telah memberikan sumbangsih kepada Indonesia dalam bentuk semangat, kerja keras, inovasi, dan konsistensi terhadap gagasannya untuk kemajuan bangsa.

Dalam event 7 Millennial Heroes, SINDOnews merilis 49 nominator tokoh muda yang terbagi dari tujuh kategori. Ketujuh kategori tersebut, yakni Ekonomi Digital, Seni dan Budaya, Olahraga, Pendidikan, Sosial, Lingkungan, dan Kesehatan.

SINDOnews mengajak keterlibatan publik untuk melakukan voting pada pemilihan 7 Millennial Heroes terbaik pada masing-masing kategori yang sudah ditentukan. Voting dapat dilakukan melalui alamat link berikut: https://microsite.sindonews.com/millennialheroes/ .
(dam)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
berita/ rendering in 0.0849 seconds (10.177#12.26)