Benny Prawira, Fokus Mengadvokasi dan Mengedukasi Pencegahan Bunuh Diri

Minggu, 08 September 2019 - 17:16 WIB
Benny Prawira, Fokus Mengadvokasi dan Mengedukasi Pencegahan Bunuh Diri
Benny Prawira, Fokus Mengadvokasi dan Mengedukasi Pencegahan Bunuh Diri
A A A
KEPRIHATINANNYA terhadap kasus penderita depresi dan bunuh diri mendorong pria bernama Benny Prawira untuk membentuk Into The Light Indonesia. Into The Light Indonesia menjadi komunitas yang mendorong kesadaran masyarakat mengenai pencegahan bunuh diri.

Dulu, komunitas ini memberikan pendampingan untuk membantu orang keluar dari rasa depresi sekaligus mencegah bunuh diri melalui pendampingan via emaiL yang bernama Layanan Pendampingan Sebaya Lightbringers. Setelah lima tahun berjalannya program pendampingan Sebaya Lightbringers, komunitas Into The Light Indonesia memutuskan untuk menutup layanan karena dinilai kurang efektif.

Namun, Into The Light Indonesia tidak akan berhenti berupaya untuk membantu individu yang mengalami pemikiran atau keinginan bunuh diri, atau isu kesehatan jiwa lainnya. Komunitas Into The Light Indonesia mengganti program Pendampingan Sebaya menjadi beberapa rangkaian program yang berbeda dengan tujuan besar yang sama, yaitu meningkatkan perilaku pencarian bantuan dari individu yang mempunyai kecenderungan bunuh diri dan masalah emosional.

Saat ini Benny dan kawan-kawan di Into The Light Indonesia melakukan berbagai macam program berbasis bukti ilmiah. Misalnya advokasi untuk pedoman pemberitaan bunuh diri, edukasi ke masyarakat, khususnya komunitas, organisasi, kampus dan sekolah, serta riset-riset yang berdampak pada kesehatan jiwa masyarakat dan dipublikasikan di beragam jurnal internasional.

Di dalam kerja komunitasnya, Benny juga menekankan pentingnya basis ilmiah, hak asasi manusia, kolaborasi lintas sektor dan keterlibatan orang muda terutama para penyintas percobaan bunuh diri dan penyintas kehilangan bunuh diri, dalam upaya menurunkan stigma dan meningkatkan kepedulian sesama terhadap kesehatan jiwa.

SINDOnews
memilih Benny menjadi salah satu nominator 7 Millenial Heroes, event yang digelar SINDOnews untuk mengapresiasi generasi milenial yang dinilai telah memberikan sumbangsih kepada Indonesia dalam bentuk semangat, kerja keras, inovasi, dan konsistensi terhadap gagasannya untuk kemajuan bangsa.

Dalam event 7 Millennial Heroes, SINDOnews merilis 49 nominasi tokoh muda yang terbagi dari tujuh kategori. Ketujuh kategori tersebut, yakni Ekonomi Digital, Seni dan Budaya, Olahraga, Pendidikan, Sosial, Lingkungan, dan Kesehatan.

SINDOnews
mengajak keterlibatan publik untuk melakukan voting pada pemilihan 7 Millennial Heroes terbaik pada masing-masing kategori yang sudah ditentukan. Voting dapat dilakukan melalui alamat link berikut: https://microsite.sindonews.com/millennialheroes/
(poe)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
berita/ rendering in 0.1069 seconds (10.101#12.26)