Lewat Dongeng, Rona Mentari Menjelajah Berbagai Negara

Kamis, 05 September 2019 - 20:03 WIB
Lewat Dongeng, Rona Mentari Menjelajah Berbagai Negara
Lewat Dongeng, Rona Mentari Menjelajah Berbagai Negara
A A A
RONA Mentari yang lahir pada 23 September 1992 di Yogyakarta adalah seorang wanita yang menjadi juru dongeng keliling dan mendirikan Rumah Dongeng Mentari (RDM) di Yogyakarta dan pendiri Festival Dongeng Nasional "Awicarita Festival" di Yogyakarta.

Rona menyukai dongeng sejak duduk di bangku taman kanak-kanak. Guru saat dirinya di bangku taman kanak-kanak (TK) yang membuatnya sangat mencintai dongeng. Rona kerap menceritakan dongeng yang disampaikan dari guru TK-nya kepada orangtuanya lengkap dengan ekspresinya.

Berkat kedua orangtuanya, Rona mulai melatih kemampuan mendongeng, mulai dari acara keluarga, cara hiburan di kampung, pentas pengamen, termasuk saat dirinya berulang tahun.

Saat duduk di bangku SD, Rona sempat dikenal sebagai finalis dai cilik yang ditayangkan di salah satu televisi swasta. Berdongeng jadi ciri khasnya saat menyampaikan materi. Beranjak dewasa, tahun 2011 Rona sempat mengikuti ajang Dai Muda Pilihan ANTV dan turut bertahan hingga posisi finalis.

Berkat konsistensi Rona dalam menggeluti dunia dongeng, dia sampai pernah mendongeng di Storytelling Hut, Emerson College, Inggris, Singapore International Storytelling Festival, hingga Sydney International Storytelling Festival.

Nama Roma Mentari masuk menjadi nominator 7 Milennial Heroes kategori Seni dan Budaya. Event ini digelar SINDOnews sebagai bentuk apresiasi kepada pahlawan generasi milenial yang telah memberikan sumbangsih kepada Indonesia dalam bentuk semangat, kerja keras, inovasi, dan konsistensi terhadap gagasannya untuk kemajuan bangsa.

Dalam event 7 Millennial Heroes, SINDOnews merilis 49 nominasi tokoh muda yang terbagi dari tujuh kategori. Ketujuh kategori tersebut, yakni Ekonomi Digital, Seni dan Budaya, Olahraga, Pendidikan, Sosial, Lingkungan, dan Kesehatan.

SINDOnews
mengajak keterlibatan publik untuk melakukan voting pada pemilihan 7 Millennial Heroes terbaik pada masing-masing kategori yang sudah ditentukan. Voting dapat dilakukan di alamat link berikut: https://microsite.sindonews.com/millennialheroes/ .
(dam)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
berita/ rendering in 0.1657 seconds (10.101#12.26)