Perempuan-Anak Terdampak Kerusuhan Papua Alami Trauma

Senin, 02 September 2019 - 15:16 WIB
Perempuan-Anak Terdampak Kerusuhan Papua Alami Trauma
Perempuan-Anak Terdampak Kerusuhan Papua Alami Trauma
A A A
JAKARTA - Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Anak (PPA) Yohana Yembise mengatakan telah menerima beberapa laporan terkait perempuan dan anak yang terdampak kerusuhan di Papua. Dia menyebut masalah perempuan dan anak terdampak kerusuhan Papua adalah trauma.

“Yang jelas mungkin masalah trauma ya. Trauma saja dalam keadaan ketakutan. Saya sudah terima itu,” katanya di Kantor Kepala Staf Presiden (KSP), Senin (2/9/2019).

Terkait jumlah perempuan dan anak yang terdampak kerusuhan, Yohana belum dapat memastikannya. Dia saat ini tengah mengumpulkan data tersebut.

“Kami sedang menyuruh staf kusus kami untuk menyelidiki, mengumpulkan data-data. Kira-kira berapa banyak perempuan dan anak yang menjadi korban,” ungkapnya.

Dia berencana akan mengundang tokoh adat dan kepala suku Papua untuk berbicara tentang perempuan dan anak. Dia mengatakan dialog seperti ini sebenarnya sudah berjalan sejak 2016.

“Jadi dengan cara menggandeng mereka termasuk akademisi tokoh perempuan, kemudian tokoh-tokoh mahasiswa kita bisa lihat kira-kira bagaimana cararanya untuk menurunkan atau menghilangkan trauma perempuan dan anak,” pungkasnya.
(pur)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7219 seconds (0.1#10.140)