Anggota DPR Baru Diingatkan Berani Menyuarakan Agenda Rakyat

Minggu, 01 September 2019 - 15:51 WIB
Anggota DPR Baru Diingatkan Berani Menyuarakan Agenda Rakyat
Anggota DPR Baru Diingatkan Berani Menyuarakan Agenda Rakyat
A A A
JAKARTA - CEO Voxpol Center Research and Consulting, Pangi Syarwi Chaniago mengatakan setelah ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan akan dilantik pada 1 Oktober mendatang, banyak espektasi yang disematkan kepada 575 anggota DPR baru.

Pangi menganggap, espektasi masyarakat terhadap wakil rakyat yang baru itu cukup tinggi. "Mereka agar bisa menjaga amanat rakyat, menjadi penyambung lidah rakyat, mampu mengagregasi dan mengartikulasikan apa yang menjadi kehendak dan agenda rakyat," tutur Pangi saat dihubungi SINDOnews, Minggu (1/9/2019).

Untuk itu, Pangi menyarankan agar anggota DPR yang akan dilantik nanti harus banyak berkata-kata. Sebab, Pangi berpandangan senjata mereka adalah kata-kata.

"Dari namanya saja, Parlemen, itu artinya ngomong, saya habis pikir kalau kemudian anggota DPR yang dilantik ndak bisa bersuara dan berkata-kata membela dan membawa agenda rakyat," jelasnya.

Sebaliknya, Pangi mengaku sangat berharap para wakil rakyat yang terpilih jangan hanya menjadi tukang stempel pemerintah. Selain itu, DPR juga harus bisa menjadi legislative heavy agar mampu mengontrol dan mengimbangi kerja pemerintah.

"Sehingga fungsi check and balance, sehingga terjadi saling koreksi antara satu lembaga dengan lembaga lain, pemerintah dengan legislatif, dalam pelembagaan sistem politik ini sangat sehat dan bagus untuk peningkatan kualitas demokrasi kita," pungkasnya.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4966 seconds (0.1#10.140)