Anggota DPR Baru dari Kalangan Artis Jangan Hanya Jadi Pemanis Demokrasi

Minggu, 01 September 2019 - 10:37 WIB
Anggota DPR Baru dari Kalangan Artis Jangan Hanya Jadi Pemanis Demokrasi
Anggota DPR Baru dari Kalangan Artis Jangan Hanya Jadi Pemanis Demokrasi
A A A
JAKARTA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menetapkan Anggota DPR dan DPD RI periode 2019-2024 dalam rapat pleno dan penetapan yang dilakukan secara terbuka kemarin dan akan dilantik pada 1 Oktober 2019 mendatang.

Dari 575 Politikus yang lolos ke Senayan diketahui dihuni dari berbagai kalangan, baik politisi, aktivis, akademisi, pengusaha bahkan sampai kalangan artis. Khusus untuk kalangan artis kerap menjadi sorotan masyarakat. Mereka ditantang bisa bersaing untuk membuktikan sebagai wakil rakyat yang sesungguhnya.

Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia, Adi Prayitno mengatakan anggota DPR kalangan artis harus bisa membuktikan bahwa mereka bukan hanya 'pemanis demokrasi' tapi bisa menunjukkan kinerja yang baik di bidang legislasi, pengawasan, dan anggaran.

"Succes story jadi artis harus dikloning sukses jadi anggota DPR," tutur Adi saat dihubungi SINDOnews, Minggu (1/9/2019).

Selain itu, kata Adi, wakil rakyat dari kalangan artis ditantang harus meminta peran lebih kepada fraksi masing-masing untuk bisa mengaksentuasi kemampuannya unjuk kebolehan dalam menentukan kebijakan.

Kata Adi, minimal mereka bisa menjadi juru bicara fraksi yang bisa memberikan statement dan sikap yang bisa mewakili kepentingan fraksi.

"Bukan hanya datang, duduk, diam, dan setuju. Itu hanya mengulang DPR dari kalangan artis sebelumnya yang nyaris tak kedengaran kiprahnya," tandas Analis Politik asal UIN Jakarta itu menandaskan.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6928 seconds (0.1#10.140)