Kloter 15 Batam Tutup Pemulangan Jamaah Haji Indonesia dari Bandara Jeddah

Minggu, 01 September 2019 - 07:50 WIB
Kloter 15 Batam Tutup Pemulangan Jamaah Haji Indonesia dari Bandara Jeddah
Kloter 15 Batam Tutup Pemulangan Jamaah Haji Indonesia dari Bandara Jeddah
A A A
JEDDAH - Pemulangan jamaah haji Indonesia melalui Bandara King Abdul Aziz Jeddah telah berakhir, Minggu (1/9/2019). Kelompok terbang (Kloter) 15 Embarkasi Batam (BTH) menjadi jamaah haji terakhir yang terbang ke Tanah Air melalui bandara tersebut.

Jamaah haji asal Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat (Kalbar) tersebut berangkat dari Kota Mekkah menuju Jeddah dengan menggunakan 10 bus, Sabtu (31/8/2019) sekitar pukul 23.15 Waktu Arab Saudi (WAS). Sebanyak 445 jamaah itu dilepas oleh Direktur Jenderal (Dirjen) Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kementerian Agama Nizar Ali.

Setelah dua jam perjalanan mereka tiba di Bandara Jeddah. Rencananya jamaah haji kloter 15 BTH ini terbang pada Minggu (1/9/2019) pukul 07.15 WAS.

Ketua kloter 15 BTH, Husban mengaku bahagia karena rombongannya dilepas langsung oleh Dirjen PHI Kementerian Agama Nizar Ali. "Kami merasa beruntung meski yang terakhir (pemulangan dari Bandara Jeddah) tapi alhamdulillah mendapatkan pelayanan luar biasa," ujarnya kepada tim Media Center Haji (MCH) di Bandara King Abdul Aziz Jeddah, Minggu (1/9/2018) dini hari.

Menurutnya, keadaan jamaah secara umum cukup baik meski ada beberapa yang harus diperhatikan kesehatannya. Sebab dari 445 orang, cukup banyak yang masuk dalam kategori risiko tinggi (risti).

Petugas TKHI kloter 15 BTH, dr Rabiul Priyantono menjelaskan jamaah yang risti sebanyak 300 orang yang didominasi oleh penyakit diabetes dan darah tinggi. Namun dia memastikan semuanya layak terbang.

"Kami mempunyai 12 jamaah yang butuh kursi roda karena keterbatasan gerak, stroke, dan memiliki riwayat penyakit jantung," jelasnya.

Pihaknya telah memetakan 11 jamaah haji di kloternya yang mendapatkan perhatian khusus di pesawat. Mereka akan ditempatkan di kursi VIP untuk memastikan kesehatannya terjaga selama dalam penerbangan.

Sementara itu, Kasie Kedatangan dan Keberangkatan Daker Bandara Jeddah-Madinah, Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) 2019, Cecep Nursyamsi mengatakan jumlah jamaah haji gelombang I yang dipulangkan dari Bandara King Abdul Aziz Jeddah sebanyak 94.009 orang dari 229 kloter. Adapun jamaah yang wafat di Jeddah sebanyak 5 orang.

"Yang masih dirawat di Rumah Sakit Arab Saudi (RSAS) Jeddah sebanyak 11 orang," katanya.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5003 seconds (0.1#10.140)