Layanan Eyab bagi Jamaah Haji Indonesia di Bandara Jeddah Berakhir Hari Ini

Rabu, 28 Agustus 2019 - 08:23 WIB
Layanan Eyab bagi Jamaah Haji Indonesia di Bandara Jeddah Berakhir Hari Ini
Layanan Eyab bagi Jamaah Haji Indonesia di Bandara Jeddah Berakhir Hari Ini
A A A
LAYANAN EYAB,JAMAAH HAJI INDONESIA,BANDARA JEDDAH - Pelayanan Eyab bagi jamaah haji Indonesia di Bandara King Abdul Aziz Jeddah akan berakhir hari ini, Rabu (28/8). Kelompok terbang (kloter) 36 Embarkasi Surabaya (SUB) menjadi yang terakhir mendapatkan fasilitas dari Pemerintah Arab Saudi tersebut.

"Kloter SUB 36 akan diberangkatkan pada pukul 22.45 Waktu Arab Saudi (WAS)," kata Kepala Daerah Kerja (Daker) Bandara Jeddah-Madinah, Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) 2019, Arsyad Hidayat, Rabu (28/8/2019).

Total ada 16 kloter yang mendapatkan fasilitas Eyab di Bandara King Abdul Aziz. Masing-masing kloter 4, 12, 14, 16, 18, 19, 20, 24, 26, dan 30 Embarkasi Jakarta-Bekasi (JKS); kloter 5 Jakarta-Pondok Gede (JKG); Kloter 4, 25, 32, 34, dan 36 SUB. Masing-masing kloter diterbangkan secara bertahap sejak 17 Agustus 2019.

Menurut Arsyad, dari hasil pantauannya, pemulangan kloter yang menikmati fasilitas Eyab di Bandara King Abdul Aziz Jeddah, jauh lebih cepat dan lancar dibandingkan dengan yang melalui Terminal Haji. Jamaah haji juga mengapresiasi fasilitas ini karena tidak lagi menunggu di plaza terbuka yang sedikit panas. Setelah turun dari bus, jamaah langsung diarahkan masuk ke dalam lounge Eyab yang terdapat sofa-sofa empuk dan ber-AC. Mereka juga disuguhi banyak hal, ada tarian kebudayaan, hadiah, snack, dan layanan-layanan lainnya.

Barang-barang khas Saudi seperti baju-baju Arab juga dijual di lounge Eyab. Karena itu, ketika masuk ruangan Eyab seperti halnya masuk ke ruangan VIP di bandara-bandara lainnya. "Harapan mereka inisiatif atau inovasi ini akan berjalan kembali pada tahun berikutnya, bahkan mungkin jumlahnya pun akan lebih banyak dari tahun sekarang," katanya.

Dengan berakhirnya kloter yang mendapatkan fasilitas Eyab, bukan berarti pemulangan jamaah haji Indonesia gelombang pertama dari Bandara King Abdul Aziz Jeddah telah selesai. Pemulangan jamaah haji dari bandara Jeddah baru berakhir pada 1 September 2019.

"Di saat bersamaan, pada tanggal 30 (Agustus 2019) akan ada pemulangan jamaah haji gelombang kedua melalui Bandara Princi Mohammad Bin Abdul Aziz Madinah. Jadi akan ada dua, di satu sisi kita akan menyelesaikan di Bandara King Abdul Aziz Jeddah, di sisi lain kita akan mulai pemulangan jamaah haji melalui Bandara Madinah," katanya.
(pur)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4605 seconds (0.1#10.140)