Romli Atmasasmita Percaya Pansel Capim KPK Loloskan Calon-calon Terbaik

Selasa, 27 Agustus 2019 - 17:08 WIB
Romli Atmasasmita Percaya Pansel Capim KPK Loloskan Calon-calon Terbaik
Romli Atmasasmita Percaya Pansel Capim KPK Loloskan Calon-calon Terbaik
A A A
JAKARTA - Kinerja Panitia Seleksi Calon Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (Pansel Capim KPK) mendapat apresiasi positif dari banyak pihak. Mereka sejauh ini dinilai sudah meloloskan calon-calon terbaik.

"Saya kenal baik beberapa calonnya, saya tahu bagaimana kinerja mereka, mereka baik-baik semua," kata Mantan Ketua Tim Perumus Undang-Undang Komisi Pemberantasan Korupsi (UU KPK) Romli Atmasasmita kepada wartawan di Jakarta, Selasa (27/8/2019).

Hal tersebut dikatakan Romli menanggapi lolosnya 20 nama untuk mengikuti seleksi selanjutnya. Diketahui Pansel Capim KPK tidak peka terhadap masukan masyarakat setelah meloloskan 20 kandidat capim KPK. "Saya dukung keputusan Pansel Pimpinan KPK sepenuhnya," ujar Romli. (Baca juga: 20 Nama Lolos, PBNU Percaya Integritas Pansel Capim KPK )

Romli juga berharap Presiden Jokowi tetap percaya pada pansel yang dipimpin Yenti Garnasih itu. Menurutnya, sangat aneh bila Presiden tidak percaya pada tim yang dibentuknya sendiri, apalagi karena opini sejumlah pihak.

"Opini-opini itu muncul karena sosok yang mereka unggulkan jadi pimpinan KPK malah tidak lolos seleksi," ujarnya. (Baca juga: YLBHI Cium Konflik Kepentingan di Pansel KPK, Hendardi: Biarkan Saja! )

Menurut Romli, proses seleksi calon pimpinan KPK sudah sangat baik. Apalagi seleksi ditambah dengan wawancara yang terbuka untuk publik.

Romli mengatakan proses wawancara terbuka bagi capim KPK merupakan hal baru. Hal ini menunjukkan bahwa pansel turut menyertakan publik dalam memiliki capim KPK. "Dulu tidak pernah ada wawancara terbuka untuk publik ini. Kalau sudah lolos ya sudah, tidak pakai wawancara terbuka," kata Romli yang juga salah seorang pendiri KPK.
(poe)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6949 seconds (0.1#10.140)