Pemuda Unggul untuk Indonesia Maju

Jum'at, 16 Agustus 2019 - 00:06 WIB
Pemuda Unggul untuk Indonesia Maju
Pemuda Unggul untuk Indonesia Maju
A A A
JAKARTA - Revolusi Industri 4.0 dengan segala kecanggihan teknologi informasinya akan mendorong pemuda Indonesia menjadi pemuda yang lebih kreatif dan inovatif. Sehingga pemuda unggul masa kini menjadi tumpuan untuk Indonesia maju.

Deputi Bidang Pemberdayaan Pemuda Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) Faisal Abdullah mengatakan, Revolusi Industri 4.0 menjadi suatu era yang ditandai dengan pesatnya kemajuan teknologi informasi dan mudahnya mengakses informasi melalui internet. Dia mengatakan, era industri 4.0 inilah yang mesti ditangkap sebagai modal awal untuk menggali potensi didalam diri mereka sehingga akan menjadi pemuda kreatif yang berguna bagi nusa dan bangsa.
Pemuda Unggul untuk Indonesia Maju

"Harapan saya untuk pemuda ke depan di era Revolusi Industri 4.0 ini tentu dengan kemampuan kita sekarang mengakses dan melakukan eksplorasi di internet dan IT yang begitu kencang dan bagus merupakan satu modal bagi para pemuda untuk menggali potensi mereka untuk masa depan bangsa. Masa depan para pemuda kita (untuk) menjadi manusia yang kreatif dan menjadi manusia yang mensejahterakan bangsa ini," katanya melalui teleconference pada talkshow Pemuda Unggul Indonesia Maju 'Kontribusi Pemuda untuk Prestasi Bangsa' yang diselenggarakan KORAN SINDO dan SINDOnews.com berkerja sama di Jakarta.

Talkshow yang berlangsung meriah ini turut dihadiri oleh Sesmenpora Gatot S Dewa Broto, Sekretaris Deputi bidang Pemberdayaan Pemuda Kemenpora Zainal Aminin, musisi Nugie, musisi Wahyu Selow, VP of Business Merchant DOKU Dody Wijaya, Founder Mendekor Brian Karno Jan dan Owner Dapur Cihuuyy Devi Maharani.

Dalam rangka HUT RI ke 74 ini Faisal menjabarkan makna kemerdekaan ialah merdeka menjadi manusia yang bebas melakukan apa saja namun harus tetap dijalur yang sesuai dengan aturan hukum yang berlaku di tanah air tercinta ini. Menurut dia, kebebasan atas kemerdekaan yang telah dicapai ini tidak boleh dimaknai sebagai kebebasan yang liar. Akan tetapi kebebasan yang berdasarkan atas hukum.
Pemuda Unggul untuk Indonesia Maju

Makna kemerdekaan inilah yang menjadi bentuk rasa syukur bangsa Indonesia atas anugerah yang diberikan oleh Tuhan. Dan juga sebagai bentuk rasa terima kasih kepada para pahlawan yang telah rela berjuang demi bangsa dan negara.

Sementara Sesmenpora Gatot S Dewa Broto menambahkan, di era Revolusi Industri 4.0 ini pemerintah berharap kepada para pemuda agar bisa membantu pemerintah untuk menciptakan lapangan pekerjaan baru. Kata dia, sudah banyak tokoh-tokoh muda Indonesia yang bisa menciptakan lapangan kerja baru di tengah tantangan era digital seperti saat ini dan mereka pun bisa menjadi inspirator bagi pemuda lain untuk melakukan hal yang sama.

Tokoh-tokoh muda yang dihadirkan dalam diskusi ini turut memberikan tips terbaik bagi para pemuda agar bisa memberi kontribusi nyata bagi bangsa. Menurut Nugie yang juga didapuk sebagai duta olahraga Kemenpora ini, cara termudah untuk berkontribusi level maksimal bagi bangsa adalah melakukan sesuatu yang bermanfaat bagi diri sendiri dulu. Sebab jika telah melakukan sesuatu sesuai dengan hasrat maka akan keluar hasil yang dampaknya akan bermanfaat bagi bangsa.
Pemuda Unggul untuk Indonesia Maju

Sementara VP of Business Merchant DOKU Dody Wijaya sebagai pelaku bisnis berpendapat bahwa segala sesuatu yang manfaatnya besar bagi masyarakat itu dimulai dari langkah yang kecil dulu. "Bisa mulai dari yang paling simpel banget. Poinnya tidak perlu takut untuk mulai sesuatu karena langkah besaritu dimulai dari langkah yang kecil dulu," katanya.

Pemilik Dapur Cihuuyy Devi Maharani memberi tips yang terbaik untuk memulai usaha ialah jangan memusingkan modal uang yang banyak. Dia mengaku, usahanya ini hanya bermodalkan uang Rp1 juta namun menginjak tahun ketiga ini omsetnya telah mencapai Rp150 juta.

Sedangkan founder Mendekor Brian Karno Jan menuturkan, para pemuda jangan pernah terhalang rasa takut dalam berkorban untuk bermimpi menjadi yang terbaik. Sebab jika tidak bergerak maka mimpi yang diidamkan itulah yang akan dikorbankan.

Sementara musisi Wahyu Selow yang memiliki nama asli Wahyu Ramdani ini memberi masukan kepada para pemuda Indonesia agar jangan pernah takut untuk menampilkan suatu karya yang dimiliki. "Tunjukkan dan berikan yang terbaik,’" katanya yang turut menghibur para audiens dengan lagu Selow dan kini telah memiliki satu single baru berjudul Kamu Gila.
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1934 seconds (0.1#10.140)