Sambut Hari Kemerdekaan, Istana Presiden Gelar Wayang Kulit

Jum'at, 02 Agustus 2019 - 22:57 WIB
Sambut Hari Kemerdekaan, Istana Presiden Gelar Wayang Kulit
Sambut Hari Kemerdekaan, Istana Presiden Gelar Wayang Kulit
A A A
JAKARTA - Istana menggelar pertunjukan wayang kulit dalam rangka menyambut Hari Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-74. Pagelaran wayang dengan lakon Kresno Jumeneng Ratu didalangi oleh Ki Mantep Sudarsono.

Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno mengatakan pagelaran ini bagian dari rangkaian kegiatan jelang hari kemerdekaan.

"Kita mulai 1 Agustus membatik di kain sepanjang 74 meter di stasiun MRT Bundaran HI. Disambung doa kebangsaan dan hari ini disambung pagelaran wayang kulit oleh Ki Mantep Sudarsono," ungkapnya.

Pertunjukan wayang itu juga dimeriahkan oleh beberapa senima Indonesia diantaranya Den Baguse Ngarso, Cak Lontong, Soimah, Butet Kertarejasa, Kirun, Edo Kondologit, Endah Laras, dan Akbar.

"Jadi walau ini wayang akan tampil juga seniman dari daerah lain. Ini pesan bahwa kita harus nguri uri budaya bangsa. Itulah kekayaan kita yang harus kita kembangkan," ujarnya.

Pratikno mengatakan momen ini juga merupakan momen nostalgia. "Mengenang masa kecil ada rebusan jajan wedangan. Bedanya kalau biasanya kita menyaksikan wayang di lapangan, rumah penduduk sekarang kita nonton wayang di halaman Istana," katanya.
(cip)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5597 seconds (0.1#10.140)