Saudi Berencana Bangun Bandara Khusus Haji Dekat Kota Mekkah

Senin, 29 Juli 2019 - 07:38 WIB
Saudi Berencana Bangun...
Saudi Berencana Bangun Bandara Khusus Haji Dekat Kota Mekkah
A A A
JEDDAH - Pemerintah Arab Saudi berencana membangun bandara khusus haji di dekat Kota Mekkah. Kapasitas bandara yang sedang dirancang tersebut akan lebih besar dari terminal haji di Bandara King Abdul Aziz Jeddah.

Hal ini diungkapkan Kepala Daerah Kerja (Daker) Bandara Jeddah-Madinah Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) 2019, Arsyad Hidayat kepada tim Media Center Haji, Minggu (28/7/2019). Menurutnya, informasi rencana pembangunan bandara khusus haji disampaikan Direktur Kementerian Haji di Bandara King Abdul Aziz Jeddah, Mamduh Bukhori saat mengunjungi kantor Daker, akhir pekan lalu.

Informasi tersebut tidak sengaja terkuak setelah dirinya menanyakan mengenai rencana renovasi terminal haji di Bandara King Abdul Aziz Jeddah. "Ternyata, mereka justru berencana membangun bandara baru di dekat Kota Makkah yang kapasitasnya jauh lebih besar dari bandara sini (King Abdul Aziz)," katanya.

Diakui Arsyad, tidak ada informasi detail mengenai lokasi dan kapan waktu pembangunan bandara khusus haji tersebut. Namun, dinyatakan bahwa bandara tersebut sudah ada rancangannya.

Pembangunan bandara khusus haji ini merupakan inisitif pemerintah Arab Saudi. Dari analisanya, Arsyad menduga ada beberapa pertimbangan mengapa bandara ini akan dibangun. Misalnya terkait lokasi bandara yang lebih dekat dengan Mekkah.

Terminal haji di Bandara King Abdul Aziz Jeddah saat ini masih cukup jauh dari Mekkah. Jamaah haji masih membutuhkan waktu sekitar 1-2 jam perjalanan. Hal ini tentu memberatkan jamaah haji, terutama lansia yang telah melakukan perjalanan panjang dari negara asalnya.

Selain itu, pembangunan bandara baru ini untuk memenuhi kebutuhan layanan jamaah haji dari seluruh dunia yang terus bertambah. Sehingga para jamaah haji akan lebih nyaman dan aman saat tiba di Arab Saudi.
(pur)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0335 seconds (0.1#10.140)