Menag Pimpin Langsung Sidang Isbat Awal Ramadhan

Minggu, 05 Mei 2019 - 17:41 WIB
Menag Pimpin Langsung Sidang Isbat Awal Ramadhan
Menag Pimpin Langsung Sidang Isbat Awal Ramadhan
A A A
JAKARTA - Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin bakal pimpin langsung sidang Isbat untuk penentuan hari pertama puasa di Kantor Kementerian Agama (Kemenag) dilaksanakan di Auditorium HM Rasjidi, Gedung Kemenag.

"Dibuka langsung oleh Pak Menteri Agama," ujar Sekertaris Ditjen Bimas Islam Kemenag RI, Tarmizi Tohor di Gedung Kemenag, Jalan MH Thamrin, Jakarta, Minggu (5/5/2019).

Tarmizi mengatakan, rencanayanya sidang isbat diawali dengan pemaparan posisi hilal. Selanjutnya, mendengarkan laporan tim Rukyatul hilal yang telah dibentuk Kemenag di 34 Provinsi di Indonesia.

"Pemaparan dulu nanti. Terus laporan dari temen-temen daerah di 34 kanwil. Semua provinsi mengadakan pemantauan. Nanti habis kita sidang rapat langsung diumumkan Pak Menteri kapan mulai Ramadhan ini," jelasnya.

Pemantauan hilal sendiri, dilakukan oleh Tim Falakiyah Sidang Isbat Kementerian Agama di ratusan titik. Hal itu dikatakan Direktur Jenderal Bimas Islam, Muhammadiyah Amin. "Kita melakukan pantauan Rukyatul Hilal di 102 titik di Indonesia," ungkapnya.

Dalam sidang isbat ini diundang pula 63 orang dari Komisi 8 DPR RI, MUI, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN).

Badan Informasi Geospasial (BIG), Bosscha Institut Teknologi Bandung (ITB), Planetarium, Pakar Falak dari Ormas-ormas Islam, serta perwakilan negara sahabat yang terlibat.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6366 seconds (0.1#10.140)