Semua Pihak Diimbau Hormati Rekapitulasi Suara Pemilu 2019

Minggu, 21 April 2019 - 13:19 WIB
Semua Pihak Diimbau Hormati Rekapitulasi Suara Pemilu 2019
Semua Pihak Diimbau Hormati Rekapitulasi Suara Pemilu 2019
A A A
JAKARTA - Kelompok Masyarakat Sipil meminta semua pihak untuk menghormati proses dan tahapan rekapitulasi penghitungan suara Pemilu 2019 yang saat ini masih berlangsung secara manual dan berjenjang di tingkat kecamatan, kabupaten/kota, provinsi, hingga akhirnya secara nasional di Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Mereka juga meminta semua pihak, khususnya pasangan calon presiden dan wakil presiden, partai politik, caleg, maupun tim kampanye serta tim pemenangan, agar mengedepankan sikap yang membawa kedamaian dan mempersatukan seluruh elemen bangsa. (Baca juga: Tim Sukses dan Pendukung Capres Diimbau Menahan Diri)

Para elite politik diharapkan tidak melontarkan pernyataan yang spekulatif, provokatif dan bisa membelah sesama warga masyarakat. "Kedepankan perilaku yang proporsional dan berbasiskan komitmen untuk berdemokrasi secara konstitusional sesuai dengan aturan hukum yang ada," ujar Perwakilan Kelompok Masyarakat Sipil, Sunanto di Kantor PP Muhammadiyah, Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (21/4/2019).

Selain itu, semua pihak diminta untuk menempuh proses hukum sesuai mekanisme yang ada jika menemukan dugaan terjadinya kecurangan atau pelanggaran dalam proses Pemilu yang masih berlangsung. (Baca juga: Jimly: Selesaikan Perselisihan Pemilu di MK, Bukan di Jalanan)

"Aparat penegak hukum, baik Bawaslu, Kepolisian, Kejaksaan, maupun pengadilan, mutlak bekerja secara transparan, profesional, akuntabel dan adil dalam menyelesaikan setiap dugaan pelanggaran pemilu yang mereka tangani," ujar Ketua Umum PP Pemuda Muhammadiyah ini.

Adapun mereka yang tergabung dalam Kelompok Masyarakat Sipil ini, yakni Sunanto, Titi Anggraini, Feri Amsari, Arif Susanto, Hadar Nafis Gumay, Jeirry Sumampouw, Ari Nurcahyo, Chalid Muhammad, Lucius Karus, Veri Junaidi, Wahidah Suaib, dan Ray Rangkuti.
(thm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.3589 seconds (0.1#10.140)