Jokowi Dinilai Bangun Rasa Percaya Diri Masyarakat Adat

Selasa, 09 April 2019 - 19:06 WIB
Jokowi Dinilai Bangun Rasa Percaya Diri Masyarakat Adat
Jokowi Dinilai Bangun Rasa Percaya Diri Masyarakat Adat
A A A
FLORES - Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP Partai Demorasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Hasto Kristiyanto bertemu sejumlah tokoh adat di Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Pertemuan dengan para tokoh adat dilakukan Hasto yang didampingi Ketua DPP PDIP, Andreas Pereira di sela-sela kampanye ke NTT. Hasto mengaku, partainya menyerap aspirasi masyarakat adat untuk mempercepat Undang-Undang tentang hak masyarakat adat.

"Itu sikap ideologis partai yang akan kami perjuangkan. Langkah pelopor kan sudah dilakukan bapak presiden (Jokowi)," kata Hasto dalam sambutannya, Selasa (9/4/2019).

Menurut Hasto, bicara masyarakat adat nusantara maka berbicara akar kebudayaan Indonesia Raya. Menurutnya, pemerintahan Jokowi menaruh perhatian penuh kepada masyarakat adat seperti dengan pengakuan terhadap hak tanah adat dan ulayat.

Hal demikan dianggapnya berbeda yang ditunjukkan Prabowo Subianto dengan penguasaan tanah rakyat. "Pak Jokowi membangun rasa percaya kepemimpinan masyarakat adat karena dukungan Pak Jokowi ke masyarakat adat," ujarnya.

Kata Hasto, dukungan Jokowi kepada masyarakat adat nusantara dibuktikan dengan perhatiannya kepada mereka. Menurutnya, dukungan tersebut sejalan dengan PDIP yang menempatkan masyarakat adat dalam kearifan lokal atau local wisdom yang selalu dibahas dalam Kongres partai.

"Karena ini bagian akar masyarakat . Karena itulah ini dasar ideologi kultural yang kami perjuangkan," pungkas Sekretaris Tim Kampanye Nasional (TKN) nomor urut 01, Jokowi-KH. Ma'ruf Amin itu.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7130 seconds (0.1#10.140)