Amien Rais Ancam People Power, PAN: Itu Peringatan Keras

Senin, 01 April 2019 - 14:09 WIB
Amien Rais Ancam People Power, PAN: Itu Peringatan Keras
Amien Rais Ancam People Power, PAN: Itu Peringatan Keras
A A A
JAKARTA - Pernyataan Amien Rais mengenai gerakan massa atau people power jika penyelenggara pemilu berbuat curang dianggap sebagai peringatan keras.

"Yang disampaikan Pak Amien adalah peringatan keras terhadap lembaga-lembaga yang dilahirkan atau diperkuat oleh reformasi," kata Wakil Ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional (PAN), Drajad Wibowo kepada SINDOnews, Senin (1/4/2019). (Baca juga: Kubu Jokowi Sindir Ancaman 'People Power' Amien Rais )
Drajad mengingatkan, reformasi lahir dari ketidakpuasan rakyat, antara lain ketidakadilan. "Jadi Pak Amien berpesan, jangan main-main dengan rakyat," paparnya.

Dia menuding saat ini banyak kesewenangan terjadi dan penyalahgunaan kekuasaan untuk memenangkan calon tertentu."Itu dilakukan oleh oknum dari menteri hingga kepala desa. Kian masifnya, jangan-jangan penggunaan kata oknum malah keliru," tuturnya.
Dradjat juga menyinggung tentang adanya indikasi praktik politik uang dan politik bingkisan. "Syukurlah KPK berhasil menangkap tangan politisi yang korupsi untuk membiayai serangan fajar. Itu pun hanya puncak gunung es saja," kata Dradjat.
Menurut dia, Ketua Dewan Pertimbangan PAN Amien Rais adalah Bapak Reformasi. Dia melanjutkan, Mahkamah Konstitusi (MK), Komisi Pemilihan Umum (KPU), Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dan Polri model sekarang merupakan hasil reformasi.

"Mereka diharapkan menjadi penjaga gawang demokrasi, politik yang bersih dan penegakan hukum yang adil. Wajar jika Pak Amien kecewa berat jika mereka justru jauh dari harapan itu," paparnya.

Dia mengatakan, respons KPU dan Bawaslu terhadap kasus 17,5 juta suara yang mencurigakan dalam daftar pemilih tetap (DPT) juga menambah kekecewaan tersebut.
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7628 seconds (0.1#10.140)