Disaksikan KPU, Panelis-Moderator Debat Keempat Teken Pakta Integritas

Rabu, 27 Maret 2019 - 15:44 WIB
Disaksikan KPU, Panelis-Moderator...
Disaksikan KPU, Panelis-Moderator Debat Keempat Teken Pakta Integritas
A A A
JAKARTA - Sembilan orang panelis dan dua moderator debat keempat telah menandatangi pakta integritas yang disaksikan langsung Komisi Pemilihan Umum (KPU). Kegiatan pakta integritas dilakukan di Ruang Istana Ballrom Hotel Sari Pacific, Thamrin, Jakarta Pusat, Rabu (27/3/2019).

Ketua KPU, Arief Budiman mengaku yakin bahwa para panelis dan modetor debat yang telah ditunjuk adalah orang-orang yang berintegritas. Para panelis juga disebutnya memiliki keahlian di bidang masing-masing sesuai tema yakni Ideologi, pemerintahan, pertahanan-keamanan dan hubungan internasional.

Selain itu, Arief mengharapkan rumusan pertanyaan yang disusun panelis dapat ditangkap dua paslon. Beberapa point yang disebut dalam pakta integritas diharapkan dapat dipatuhi oleh penelis dan moderator.

"Terutama yang sering dipertanyakan banyak orang, apakah memberikan atau membocorkan kisi-kisi," ujar Arief dalam sambutannya.

Sementara itu, koordinator panelis Valina Singka Subekti mengaku para panelis akan bersungguh-sungguh menyusun materi debat yang akan diberikan kepada Capres nomor urut 01 Jokowi dan Capres nomor urut 02, Prabowo Subianto dengan cara meminta masukan kepada berbagai pihak.

Menurut Valina, hingga sampai sekarang seluruh panelis terus mengidentifikasi masalah dalam tema debat yang akan disuguhkan kepada calon. Untuk itu, ia mengharapkan pertanyaan para panelis menjadi bagian yang tidak terpisahkan kepada siapa pun yang terpilih menjadi presiden sekaligus menjadi masukan penting untuk kebijakan mendatang.

Tidak lain yaitu kita menghendaki dapat menghasilkan parlemen baru yang baik dan terpilih presiden dan wakil presiden yang amanah," ujar Valina.

Adapun Moderator debat, Retno Pinasti merasa berterima kasih karena telah dipercaya menjadi moderator debat. Bersama rekannya, Zulfikar Naghi, Retno mengaku akan tetap menjaga independensi dan integritas sebagaimana prinsip yang dijunjung sebagai jurnalis.

"Masa persiapan ini jauh lebih singkat karena jaraknya hanya seminggu dan kami ditunjuk 5 hari sebelum debat kami akan berkerjasama dengan KPU dan kami niat tulus membanti KPU," tutur presenter berparas cantik ini.
(pur)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9544 seconds (0.1#10.140)