KPU Gelar Simulasi Pemungutan dan Penghitungan Suara Pileg dan Pilpres 2019

Selasa, 12 Maret 2019 - 10:48 WIB
KPU Gelar Simulasi Pemungutan dan Penghitungan Suara Pileg dan Pilpres 2019
KPU Gelar Simulasi Pemungutan dan Penghitungan Suara Pileg dan Pilpres 2019
A A A
JAKARTA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) menggelar simulasi pemungutan dan penghitungan suara pemilu legislatif DPD, DPR, DPRD tingkat I dan II serta pemilu presiden 2019. Simulasi dilakukan di halaman Gedung KPU, Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta, Selasa (12/3/2019).

Kegiatan simulasi pemungutan dan simulasi dihadiri langsung oleh Ketua KPU, Arief Budiman yang didampingi seluruh Komisioner KPU, dan melibatkan seluruh pegawai dan karyawan KPU.

Sekjen KPU, Arief Rahman Hakim mengatakan, kegiatan simulasi melibatkan biro teknis nasional.

"Ini simulasi ideal karena menggunakan para petugas KPPS dengan kemampuan standar mengikuti bimtimek standar sehingga hasil simulasi bisa dijadikan acuan hitungan normal misal berapa menit seseorang gunakan hak pilik di TPS," ujar Arief.

Selain itu, kata Arief, simulasi ini juga bisa dijadikan acuan bagi petugas KPPS maupun saksi dan peserta pemilu untuk mengetahui standar pemungutan dan penghitungan suara.

"Thanks yang udah kasi dukungan insya Allah pemilu 2019 17 April akan berjalan dengan sukses dengan dukungan seluruh WNI baik dalam dan luar negeri," ujarnya.

Tampak dalam simulasi tersebut, Ketua Ketua KPU, Arief Budiman mendapat giliran nomor urut pertama untuk menggunakan hak pilihnya kemudian disusul, Sekjen KPU, lalu Komisioner Evi Novida Ginting Manik dan terakhir Pramono Ubaid Thantowi. Adapun Komisioner KPU, Ilham Saputra berperan menjadi calon pemilih yang protes kepada petugas KPPS karena haknya merasa dilanggar.
(pur)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3857 seconds (0.1#10.140)