AMSI Susun Program Bisnis Media Digital Setahun ke Depan

Jum'at, 01 Maret 2019 - 14:37 WIB
AMSI Susun Program Bisnis Media Digital Setahun ke Depan
AMSI Susun Program Bisnis Media Digital Setahun ke Depan
A A A
JAKARTA - Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) menggelar rapat kerja nasional (Rakornas) untuk menghadapi revolusi digital 4.0. Rakornas yang digelar selama tiga hari mulai Kamis 28 Maret 2019 hingga Sabtu 2 Maret 2019 di Perpustakaan Nasional.

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Rudiantara yang turut hadir dan membuka gelaran rakornas tersebut menyampaikan pentingnya media meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM). Menurut dia, peningkatan SDM penting dilakukan untuk mengimbangi pengembangan bisnis.

"Betul kita adalah pemilik pers, cetak, siber. Tapi suka tidak suka sumber manusinya siapa? Junalis, reporter, wartawan, redaksinya newsroom itu yang core daripada bisnis atau industri ini," ujarnya di Auditorium Perpustakaan Nasional, Jakarta, Jumat (1/3/2019).

Di kesempatan yang berbeda, Ketua Umum AMSI Wenceslaus Manggut menyebut dalam Rakernas AMSI juga akan menyusun agenda bisnis media digital sepanjang satu tahun ke depan.

"Raker hingga besok itu lebih ke arah menyusun program supaya keanggotaan kita memahami DNA bisnis media online," ujar Wenceslaus.

Wenceslaus memberi gambaran bahwa saat ini media dihadapkan dengan berbagai tantangan. Dari sisi konten, misalnya pada era 2019 bukan hanya media yang dapat menyampaikan pesan kepada publik, melainkan banyak medium pemberi pesan seperti pegiat media sosial.

"Adapun dari sisi bisnis, di luar sana juga banyak, seperti aplikasi yang komposisinya sama dengan kita," ucapnya.

Rakernas ini dihadiri oleh anggota asosiasi media siber di seluruh Indonesia. Dalam rangkaian rakernas, Wenceslaus mengatakan para pelaku usaha media digital akan diberi ruang untuk memahami montisasi perusahaan pembuat berita berplatform daring.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7879 seconds (0.1#10.140)