Respons KPU Soal Prabowo Disebut 'Ancam' Mundur dari Pilpres

Senin, 14 Januari 2019 - 16:05 WIB
Respons KPU Soal Prabowo...
Respons KPU Soal Prabowo Disebut 'Ancam' Mundur dari Pilpres
A A A
JAKARTA - Ketua Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga S Uno, Djoko Santoso membocorkan isi pidato atau penyampaian visi misi Prabowo yang akan disampaikan nanti malam. Namun Djoko menyebut Prabowo buka kemungkinan mundur dari Pilpres jika kecurangan tak bisa dihindari.

Merespons hal tersebut, Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU), Wahyu Setiawan mengaku tak bisa mengomentari. "Tapi yang pasti segala sesuatu sudah diatur dalam UU nomor 7 tahun 2017," ujar Wahyu di Kantor KPU, Jakarta, Senin (14/1/2019).

Menurut Wahyu, pihaknya memberikan hak kepada setiap pasangan calon presiden dan wakil presiden untuk ditetapkan sebagai peserta Pilpres. Sehingga, menurut UU Paslon tidak bisa mengundurkan diri.

Dalam hal ini, kata Wahyu, lembaganya tetap memberikan hak yang sama kepada paslon dengan tetap mengedepankan netralitas dan independensi KPU sebagai penyelenggara pemilu.

"Coba kami tidak netral dalam hal apa. Sebutkan satu saja, kami tidak netral dalam hal apa. Kami sampai sampaikan di ILC bahwa kami tidak tunduk pada TKN 01, pada BPN 02, kurang jelas apa netralitas kami," pungkasnya.
(pur)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0935 seconds (0.1#10.140)