Mahasiswa UIN Sumut Sabet Dua Gelar di Kompetisi Tingkat ASEAN

Kamis, 20 Desember 2018 - 06:31 WIB
Mahasiswa UIN Sumut Sabet Dua Gelar di Kompetisi Tingkat ASEAN
Mahasiswa UIN Sumut Sabet Dua Gelar di Kompetisi Tingkat ASEAN
A A A
MEDAN - Mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Islam Negeri (UIN) Sumatera Utara (Sumut) menyabet dua gelar sekaligus dalam kompetisi fotografi dalam ajang IMPACT 2018 di Universitas Sains Malaysia (USM) Penang, Malaysia, 17 Desember 2018 – 19 Desember 2018.

Dua mahasiswa Ilmu Komunikasi FIS UINSU tersebut, Tri Ayu Andani Nasution dan Muhammad Fauzil Adhim Nasution. Keduanya meraih juara pertama dan juara kedua di kelompok kompetisi fotografi.

Sedangkan juara ketiga diraih Mega Mentari, mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi Pembangunan (STIK-P) Medan. Penghargaan langsung diberikan oleh Dekan Fakultas Komunikasi USM, Shuhaida Md Noor.

Kompetisi fotografi di IMPACT 2018 ini diikuti sejumlah mahasiswa dari negara-negara di ASEAN seperti Malaysia, Thailand, Brunei Darussalam dan Indonesia. Peserta dari Indonesia diikuti dari mahasiswa sejumlah universitas selain UIN Sumut, antara lain Universitas Padjajaran, STIK-P Medan, Universitas Mercu Buana Yogyakarta, Universitas Sebelas Maret, Universitas Atma Jaya Yogyakarta, dan Universitas Pancasila.

Ketua Prodi Ilmu Komunikasi FIS UIN Sumut, Hasan Sazali mengaku bersyukur dan bangga atas prestasi mahasiswa yang mampu meraih juara. "Kita bangga kepada dua mahasiswa yang meraih juara. Semoga di tahun mendatang prestasi dapat dipertahankan oleh mahasiswa dari Ilmu Komunikasi UINSU," ujarnya di Medan, Rabu (19/12/2018).

Hasan juga mengucapkan terima kasih kepada Rektor UIN Sumut, Prof Saidurrahman yang turut mendukung keberangkatan mahasiswa Ilmu Komunikasi ke Penang. Dalam kegiatan IMPACT 2018 tersebut, UIN Sumut memberangkatkan 16 mahasiswa Ilmu Komunikasi dan lima dosen pendamping/pembimbing.

Dosen Ilmu Komunikasi UIN Sumut, Anang Anas Azhar menambahkan selain juara yang diraih mahasiswa Ilmu Komunikasi UINSU juga berhasil menempatkan sejumlah finalis (delapan besar) yakni pada kompetisi Public Speaking atas nama Fikri Muhammad Nasution, kompetisi Menulis Features (Feature Writing) atas nama Yogo Pamungkas Tobing.

Khusus pada kompetisi Video Pendek (Short Video) karya Filza Rezki dkk, berjudul Opportunity, berhasil masuk sebagai finalis (6 besar), dari 31 karya video pendek mahasiswa se-ASEAN yang mengikuti kompetisi kategori tersebut. Selain itu, mahasiswa Ilmu Komunikasi UIN Sumut juga menjadi peserta kompetisi yakni Firda Adinda Syukri (public speaking) dan Sadiah Fajrin (feature writing), dan juga Majalah Lensa Komunikasi pada kategori kompetisi Best University Magazine.

"Karya-karya mahasiswa Ilmu Komunikasi UIN Sumut cukup membuat bangga karena mampu bersaing dengan karya mahasiswa lain di ASEAN. Patut dicatat, Prodi Ilmu Komunikasi di UIN Sumut baru berdiri pada 2015," tambah Anang didamping Indira Fatra Deni.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4968 seconds (0.1#10.140)