Sandi: OK OCE Indonesia Akan Dideklarasi di 514 Kabupaten/Kota

Senin, 17 Desember 2018 - 17:41 WIB
Sandi: OK OCE Indonesia Akan Dideklarasi di 514 Kabupaten/Kota
Sandi: OK OCE Indonesia Akan Dideklarasi di 514 Kabupaten/Kota
A A A
JAKARTA - Calon Wakil Presiden (Cawapres) nomor 02, Sandiaga Salahuddin Uno, terkait Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 mendatang, terus melakukan kunjungan dan gebrakan ke sejumlah wilayah di Indonesia.

Salah satunya adalah Gerak Ekonomi Kerakyatan One Kabupaten Kota, One Center for Entrepreneurship (Gerak OK OCE) yang dideklarasikan 7 November 2018 lalu di Jakarta, dalam waktu dekat ini akan mendeklarasikan di 514 kabupaten/kota di Indonesia.

Setelah dideklarasikan, gerakan yang dibentuk oleh Sandiaga Uno sekaligus sebagai founder, dan dinakhodai oleh Faransyah Agung Jaya sebagai ketua umum sekaligus co-founder, akan menjalin sinergisitas dengan para koordinator di 514 Kabupaten/Kota di seluruh Indonesia untuk menyebarkan konsep dan pelaksanaan ekonomi kerakyatan.

Sandiaga Uno menjelaskan, gerakan dengan skala nasional berbasis kabupaten/kota ini berbeda dengan OK OCE di Jakarta yang berbasis kecamatan (One Kecamatan On Centre for Entrepreneurship).

Menurut Faransyah Agung Jaya, OK OCE di Jakarta sudah berjalan dengan menggandeng Pemprov DKI. Dalam praktiknya, Gubernur DKI Anies Baswedan menerbitkan Pergub DKI 102 tahun 2018 tentang Pengembangan Kewirausahaan Terpadu sebagai payung hukumnya.

"Dari program ini telah tercipta lebih dari 32 ribu pewirausaha baru yang mempunyai Izin Usaha Mikro Kecil (IUMK) yang dikeluarkan oleh Dinas PTSP DKI Jakarta," kata Faran, Senin (17/12/2018).

Kata pria yang akrab dipanggil dengan sapaan coach Faran ini, selama dua tahun dirinya mengawal OK OCE di Jakarta, manfaat Pergub DKI No. 102 tahun 2018 sangat terasa. Buktinya, sebagian besar program Gerakan Kewirausahaan di DKI sudah selesai.

Sementara itu, anggota Komisi B DPRD DKI Rendhika D Harsono mengatakan program OK OCE di Jakarta tersebut akan ditindaklanjuti dan di kembangkan oleh SKPD. Dengan begitu, target untuk menciptakan 200 ribu pewirusaha baru akan lebih mudah diwujudkan.

Pengusaha dan politisi muda ini berharap, para pewirausaha baru tersebut dapat berperan meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Jakarta, khususnya di masyarakat kelas menengah ke bawah.

Rendhika mengapresiasi kesuksesan OK OCE di Jakarta dilanjutkan Sandiaga Uno ke tingkat nasional dengan kemasan dan konsep yang lebih dinamis dengan basis kabupaten/kota, dan melibatkan unsur yang ada di wilayah, seperti komunitas, pelaku usaha, akademisi, Pemprov dan korporasi.

"Kita harus mendukung segala sesuatu yang terbaik untuk masyarakat dam bernilai positif. Siapapun yang ingin berbuat baik untuk rakyat, harus kita dukung," tegas Rendhika.

Sebagai informasi, Gerak OK OCE Indonesia menggunakan badan hukum Yayasan Jaringan Wirausaha Sosial OK OCE Indonesia Raya yang berkolaborasi dengan Coach Faran Academy (CFA) dan Asosiasi Trainer Mentor dan Coach Wirausaha (ARMOR Indonesia).Diharapkan, gerakan ekonomi kerakyatan ini mampu menciptakan lapangan kerja berbasis kewirausahaan dan meningkatkan pendapatan, sekaligus peningkatan kesejahteraan masyarakat di Indonesia.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7129 seconds (0.1#10.140)