Optimalkan Program Keluarga Berencana, BKKBN Kerjasama dengan ICMI

Jum'at, 07 Desember 2018 - 14:19 WIB
Optimalkan Program Keluarga Berencana, BKKBN Kerjasama dengan ICMI
Optimalkan Program Keluarga Berencana, BKKBN Kerjasama dengan ICMI
A A A
BANDAR LAMPUNG - Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) dan Pimpinan Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) Pusat menandatangani perjanjian kerjasama tentang Pendidikan Kesehatan Reproduksi dan Pergaulan Sehat dalam rangka mendukung pelaksanaan Program KKBPK. Kerjasama ini meliputi penyusunan materi pendidikan, sosialisasi, promosi, dan konseling Kesehatan Reproduksi bagi mahasiswa dan remaja.

Penandatanganan MoU dilakukan oleh Deputi Bidang Keluarga Berencana dan Kesehatan Reproduksi (Deputi KBKR) BKKBN, Dr. Ir. Dwi Listyawardani dan Wakil Ketua Umum ICMI, Dr. Sri Astuti Buchari pada malam Pembukaan Silaturahmi Kerja Nasional (Silaknas) dan Milad ICMI ke-28 yang dibuka langsung oleh Presiden Republik Indonesa, Joko Widodo, di Mahligai Convention Center Pascasarjana Universitas Bandar Lampung (UBL), Lampung, Kamis (6/12/2018).

Wakil Ketua Umum ICMI, Dr. Sri Astuti Buchari menuturkan, ICMI sangat bangga dan menyampaikan terimakasih bisa kerja sama dengan BKKBN. Kerja sama dengan BKKBN salah satu yang sudah dilakukan adalah bersama-sama menyusun modul kesehatan reproduksi dan pergaulan sehat.

"Di antaranya juga terkait dengan permasalahan LGBT yang tengah marak, modul ini ditujukan bagi kalangan mahasiswa dan remaja," ungkap Sri Astuti.

Dr. Ir. Dwi Listyawardani dalam kesempatan tersebut menjelaskan, dalam rangka untuk mendukung pendidikan kesehatan reproduksi kita bekerjasama dengan ICMI menyusun sebuah modul pendidikan kesehatan reproduksi yang di antaranya juga terkait dengan permasalahan LGBT yang tengah marak.

"Modul tersebut membahas dari berbagai aspek di antaranya kesehatan reproduksi, psikologi, sosial, hukum dan juga agama. Modul ini akan kita sosialisasikan di kampus-kampus bersama ICMI. Sementara ini akan disosialisasikan di sekitar 11 kampus perguruan tinggi. Selain itu disampaikan pada kuliah-kuliah umum Kependudukan, Keluarga Berencana, dan Pembangunan Keluarga (KKBPK)," jelas Dwi Listyawardani.

Deputi KBKR mengatakan, BKKBN berharap kepada seluruh pengurus dan anggota ICMI seluruh Indonesia bisa mewujudkan dan ikut andil dalam membangun Sumber Daya Manusia menjadi lebih berkualitas, sesuai dengan tema Silaknas Tahun 2018, Membangun Sumber Daya Insani yang berkualitas dan Bermartabat melalui Peningkatan Ekonomi yang Adil, Makmur, dan Mandiri.
(akn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3709 seconds (0.1#10.140)