Melihat Aksi Pasukan Intai Amfibi TNI AL Bebaskan 'Sandera' di Aceh

Sabtu, 01 Desember 2018 - 16:45 WIB
Melihat Aksi Pasukan...
Melihat Aksi Pasukan Intai Amfibi TNI AL Bebaskan 'Sandera' di Aceh
A A A
ACEH - Pasukan Intai Amfibi (Taifib) Marinir TNI Angkatan Laut beraksi di sejumlah objek vital di Pulau Sabang, Nanggroe Aceh Darussalam, Sabtu (1/12/2018).

Dengan membawa sejumlah alat tempur, para personel yang bersenjata lengkap menggelar latihan penanganan terorisme.

Mereka beraksi dari udara. Dua tim pasukan Taifib melakukan terjun payung dari helikopter untuk melakukan serbuan terhadap teroris dalam upaya membebaskan sandera.
Melihat Aksi Pasukan Intai Amfibi TNI AL Bebaskan 'Sandera' di Aceh

Kemudian, satu Team Fastrope yang menggunakan Helly Bell membantu melaksanakan penyelesaian sasaran dan pembebasan sandera di Gedung BPKS.

Serbuan pasukan khusus ini tidak berlangsug lama. Hanya beberapa menit. Diceritakan, para teroris dapat dilumpuhkan, dan sandera pun berhasil dibebaskan.

Komandan Pasukan Marinir (Danpasmar) 1 Brigjen TNI Mar Nur Alamsyah yang menyaksikan langsung jalannya latihan para prajuritnya menjelaskan, latihan fungsi Taifib Tahun 2018 di pulau terluar Sabang agar prajurit Marinir dapat benar-benar memahami karakteristik seluruh wilayah Indonesia.

“Latihan ini merupakan pembekalan kepada prajurit Taifib agar mereka mengetahui persis karakteristik wilayah Indonesia, coverage area penugasan Marinir dari Sabang sampai Merauke, serta critical-critical point yang harus mereka jaga dan amankan sebagai prajurit Laut ,” Ucap Danpasmar 1.

Danpasmar 1 mengatakan, latihan pasukan Taifib Korps Marinir TNI AL ini bertujuan memelihara, meningkatkan kesiapan mental, fisik dan kemampuan, keterampilan taktis, teknis operasi khusus Intai Amfibi serta tercapainya kualitas kepemimpinan lapangan para komandan satuan, mulai dari tingkat tim sampai dengam kompi dalam pelaksanaan tugas operasi sesuai perintah satuan atas.

Materi latihan terdiri atas teknik dan taktik aspek kelautan, darat, udara, latihan kombain, intelijen, taktik pembebasan sandera, demolisi dan jihandak, penyelamatan pertolongan serta evakuasi, eksfiltrasi.

Ikut menyaksikan kegiatan tersebut Wali Kota Sabang dan para pimpinan lembaga di Kota Sabang serta para pejabat utama Pasmar 1.
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9927 seconds (0.1#10.140)