Pemerintah Terus Tingkatkan Pengawasan Penempatan Pekerja Migran

Jum'at, 30 November 2018 - 14:05 WIB
Pemerintah Terus Tingkatkan...
Pemerintah Terus Tingkatkan Pengawasan Penempatan Pekerja Migran
A A A
JAKARTA - Pelaksana harian (Plh) Dirjen Binapenta dan PKK Kementerian Tenaga Kerja, Nurahman, saat menyambut pemulangan pekerja migran Shinta Danuar (26 tahun) yang lumpuh dari Taiwan, di RS Polri Kramat Jati, Jakarta Timur, mengatakan, pemerintah akan terus meningkatkan pengawasan terhadap tata laksana penempatan pekerja migran. Khususnya, terkait dengan pemeriksaan kesehatan.

"Kita harus pastikan bahwa lembaganya benar, proses pemeriksaanya juga harus benar. Sehingga paling tidak mengurangi resiko-resiko terjadinya sakit atau kecelakaan kerja di luar negeri," kata Nurahman, Kamis (29/11/2018).

Kepada masyarakat yang ingin bekerja ke luar negeri, Nurahman mengingatkan untuk menyiapkan tiga hal. Siap secara mental, siap dari sisi bahasa, dan siap bekerja sesuai dengan kompetensi.

"Kita harus benar-benar siap. Harus siapkan diri dengan baik, dokumen, fisik, mental, kompetensi," tuturnya.

Kepala BNP2TKI, Nusron Wahid mengatakan, BNP2TKI selanjutnya menyerahkan wewenang dan tugas dari perawatan Shinta Danuar yang bekerja di Taiwan kepada Kementerian Sosial.

Nusron mengatakan, KDEI Taipei, Kemnaker, Kemlu, dan BNP2TKI bersama-sama mempersiapkan kepulangan Shinta Danuar dari Taiwan ke Tanah Air. Persiapan itu di antaranya ambulans di bandara kedatangan, rumah sakit rujukan, pemulangan ke daerah asal di Banyumas, serta perlengkapan lainnya.
(akn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1959 seconds (0.1#10.140)