Kemkominfo Sebut Media Mainstream Berperan Penting Berantas Hoaks

Jum'at, 19 Oktober 2018 - 18:20 WIB
Kemkominfo Sebut Media Mainstream Berperan Penting Berantas Hoaks
Kemkominfo Sebut Media Mainstream Berperan Penting Berantas Hoaks
A A A
JAKARTA - Plt Kepala Biro Humas Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kemkominfo), Ferdinandus Setu mengatakan, media sosial (Medsos) akan berlalu seiring dengan bertambahnya waktu.

Karena salah satu alasannya, kata Ferdinandus, media mainstream atau media cetak, tv, radio dan elektronik masih akan bertahan karena dalam konstelasi demokrasi, media mainstream adalah pilar demokrasi ke empat.

"Artinya betapa pentingnya media ini dalam tatanan demokrasi kita hari-hari ini, bahwa zaman ini media sosial tumbuh begitu pesat, bahkan kadang mengalahkan media mainstream. Tapi kita pastikan medsos akan berlalu," ujar Ferdinandus dalam diskusi di kawasan Cikini, Jakarta Pusat, Jumat (19/10/2018).

Ferdinandus menjelaskan, media mainstream justru harus menjadi acuan rujukan utama jika terjadi masalah atau kemungkinan adanya hoaks atau berita bohong.

"Peran media adalah menyampaikan informasi dari Kementerian Kominfo, ketika ada kabar dikatakan hoaks, media mainstream haruslah menjadi yang terdepan menyampaikan kepada publik bahwa itu adalah hoaks," jelasnya.

Oleh karena itu, dirinya berharap pada masa kampanye untuk pemilu 2019 ini, media mainstream dapat menjadi rujukan membantu masyarakat. "Jadi media mainstream fungsinya menjadi rujukan kalau sebuah informasi itu hoaks atau fakta," tuturnya.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5986 seconds (0.1#10.140)